Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TNI-POLRI dan KKB Baku Tembak di Yahukimo, Dua Orang Meninggal Dunia

Aparat gabungan TNI-POLRI, Ops Damai Cartenz 2023 melakukan penggrebekan terhadap markas KKB Kodap XVI Yahukimo, Pimpinan Kopi Tua Heluka di Yahukimo.
Markas KKB Papua Kodap XVI Yahukimo/YouTube Antaranews
Markas KKB Papua Kodap XVI Yahukimo/YouTube Antaranews

Bisnis.com, JAKARTA - Aparat gabungan TNI-POLRI, Ops Damai Cartenz 2023 melakukan penggrebekan terhadap markas KKB Kodap XVI Yahukimo, Pimpinan Kopi Tua Heluka di Yahukimo.

Kepala Operasi Damai Cartenz-2023, Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan penindakan ini merupakan respons ayas gangguan KKB Pimpinan Kopi Tua yang telah melakukan penembakan kearah pos Brimob Paradiso.

“Penindakan ini dilakukan meyikapi gangguan tembakan yang dilakukan oleh KKB Pimpinan Kopi Tua Heluka di Yahukimo pada hari senin tanggal 31 Juli 2023 kemarin, yang mana KKB telah melakukan penembakan kearah Pos Brimob Paradiso," kata Faizal dalam keterangannya, dikutip Rabu (2/8/2023).

Kemudian, aparat gabungan ini telah mengamankan satu orang berinisial AS yang diduga merupakan salah satu pasukan dari KKB tersebut setelah dilakukan penyisiran di Pasar Lama. 

Setelah diinterogasi, kata Faizal, pihaknya langsung memperoleh markas besar KKB Yahukimo Pimpinan Kopi Tua uang berada di belakang kantor Bupati Yahukimo.

Dalam penggrebekan, terjadi kontak tembak menembak dan akibatnya dua anggota KKB telah dilumpuhkan dan meninggal dunia ditempat. Di sisi lain, dari pihak kepolisian salah satu anggota aparat gabungan terkena luka tembak. 

Untungnya, kondisi dari anggota Satgas Aman Nusa bernama Bharatu Jogianus Ricko ini masih sadar dan langsung di evakuasi ke RSUD Dekai Yahukimo.

Kombes Faizal Menambahkan, dari hasil interogasi terhadap 1 anggota KKB yang telah diamankan tersebut, diperoleh informasi bahwa, Markas KKB Yahukimo Pimpinan Kopi Tua Heluka berada di belakang kantor Bupati Yahukimo sehingga aparat gabungan TNI-POLRI langsung Meresponya dengan Melakukan pengrebekan terhadap markas KKB tersebut.

“Saat pengrebekan, terjadi perlawan dari KKB sehingga kontak tembak antara KKB dan aparat gabungan TNI-POLRI tidak hindarkan. Akibat dari kontak tembak tersebut, 2 anggota KKB berhasil dilumpuhkan," imbuhnya.

Adapun, barang Bukti yang berhasil diamankan oleh aparat Gabungan TNI-POLRI dari TKP pertama yaitu, 1 buah noken warna putih serta 1 buah HP dan 1 cas HP juga 1 buah Spiker.

Sedangkan Barang Bukti yang diamankan oleh aparat Gabungan TNI-POLRI dari TKP ke dua tepatnya di Markas KKB Pimpinan Kopi Tua Heluka, yaitu, beberapa senjata, alat komunikasi hingga pakaian pasukan KKB.

“1 anggota KKB inisial “A.S” dan sejumlah barang bukti, telah di amankan ke Polres Yahukimo untuk dilakukan pemeriksaan dan proses identifikasi lebih lanjut” pungkas Faizal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper