Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral Video Sisi Gelap PIK 2, Segregasi Sosial hingga "Teror" Zombie Apocalypse

Pro dan kontra PIK 2 terus menarik untuk diperhatikan, sebab pembangunan apartemen itu disebut menimbulkan segregasi sosial.
Segregasi sosial di PIK 2 dan sekitarnya/Google Earth
Segregasi sosial di PIK 2 dan sekitarnya/Google Earth

Bisnis.com, SOLO - PIK 2 merupakan kota mandiri seluas 10.000 hektar di Utara Jakarta yang merupakan hasil kerja sama antara Agung Sedayu dan Salim Group.

Apartemen ini dibangun dengan megah dan memberikan pelbagai layanan menarik kepada penghuninya.

Belakangan ini, sebuah video tentang "sisi gelap PIK 2" viral di media sosial. Video yang diunggah akun TikTok @satelitegoogleearth tersebut menampilkan kesenjangan yang terjadi di Jakarta Utara, terkhusus antara fasilitas PIK 2 dengan desa-desa di sekitarnya.

Seperti diketahui, PIK 2 dibangun bersebelahan dengan Desa Salembaran. Dulunya, di sebelah utara desa tersebut adalah tambang ikan milik masyarakat desa tersebut.

Namun kini, di sekeliling desa tersebut dipenuhi dengan tembok tinggi sebagai pembatas antara PIK 2 dengan pemukiman warga.

Jika dilihat dari Google Earth, akan sangat jelas perbedaan kejenjangan di wajah Ibu Kota tersebut. Pada satu sisi, kamu akan melihat deretan rumah warga, sementara di sisi lain akan ditemukan megahnya bangunan PIK 2.

Akses jalan

Video viral tersebut juga menyoroti teror Zombie Apocalypse yang memang gencar diperbincangkan belakangan ini.

Awal dari “zombie apocalypse” adalah disabilitas total dari segala sistem, yang pada akhirnya berdampak pada matinya segala layanan umum.

Meski demikian, industri perfilman belakangan menggambarkan Zombie Apocalypse sebagai momen di mana mayat hidup mulai mencari manusia normal untuk diburu dan dimakan.

Istilah Zombie Apocalypse muncul lantaran warga PIK 2 dan Desa Salembaran yang notabennya bersebelahan, namun benar-benar tidak akan saling bersentuhan.

Bukan hanya itu, kedua warga dari dua "tempat" berbeda ini juga tak bisa merasakan fasilitas di luar wilayahnya.

Untuk masalah jalan, penduduk Desa Salembara disediakan jalan pipa yakni jalan kecil yang digunakan warga desa untuk aktivitasnya. Jalan ini berada di bawah jalan utama menuju PIK 2 alias tidak tersambung sama sekali. 

Viral Video Sisi Gelap PIK 2, Segregasi Sosial hingga "Teror" Zombie Apocalypse

Desa lain

Selain Desa Salembaran, adapula Desa Muara yang juga dikelilingi oleh pembatas berupa tembok yang menjulang tinggi.

Hingga kini, Desa Muara masih memiliki jalan yang tersambung ke PIK 2. Akan tetapi, besar kemungkinan jika jalan tersebut juga akan ditutup suatu saat nanti.

Bukan hanya dua Desa tersebut yang terkena dampak, di sebelah Barat dekat pelebaran PIK 2 ada desa Tanjung Burung yang dikelilingi tembok tinggi sehingga menciptakan segregasi sosial.

Warga desa tidak akan bisa menikmati fasilitas PIK 2 dan sebaliknya, warga PIK 2 tak bisa ikut menjamah udara segar di desa sekitarnya. Lagi-lagi, ini soal "teror" Zombie Apocalypse.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper