Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Tokoh Pembela Panji Gumilang, Serukan Pemimpin Al Zaytun Tak Salah

Sederet tokoh ini mengungkapkan pembelaannya terhadap pemimpin ponpes Al Zaytun Panji Gumilang, ini daftarnya.
Pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun Panji Gumilang.
Pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun Panji Gumilang.

Bisnis.com, SOLO - Pemimpin Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang belum dijadikan tersangka karena masih memerlukan sejumlah bukti kuat.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bahwa dalam kasus ini diperlukan kecermatan, dan bukan kecepatan.

"Ya saya kira ini kan bukan bicara lama atau lambat, tetapi melengkapi alat bukti untuk kepentingan pemberkasan sehingga kasusnya tersebut bisa dinyatakan lengkap itu kan butuh kecermatan, bukan masalah kecepatan. Tapi yang jelas semuanya berjalan," kata Sigit kepada wartawan, Jumat (21/7/2023).

Dalam kasus yang menjerat Panji, Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas ikut angkat bicara. Ia membeberkan bahwa Panji memiliki dukungan yang kuat.

"Kecurigaan bahwa yang bersangkutan bisa dan patut diduga punya bekingan orang kuat tidak hanya dari dalam negeri tapi juga dari luar negeri."Oleh karena itu adalah wajar timbul pertanyaan dalam hati apakah pemerintah takut untuk menyentuh yang bersangkutan?" kata Anwar, Jumat.

Pernyataan Anwar ini pun merujuk pada sejumlah tokoh yang dengan terang-terangan mendukung Panji Gumilang. Siapa saja mereka?

Berikut deretan tokoh yang mengatakan dukungannya terhadap Panji:

Ali Mochtar Ngabalin

Politikus yang berprofesi sebagai Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin adalah salah satu tokoh yang mengatakan dukungannya terhadap Panji Gumilang.

Menurutnya, Panji mustahil melakukan penyimpangan agama karena masuk sebagai kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang pernah mengenyam pendidikan di Pesantren Gontor.

Panji Gumilang juga diketahui sebagai anak dari kader Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi).

Kamaruddin Simanjuntak

Tokoh lain yang menyerukan Panji tidak salah adalah pengacara Kamaruddin Simanjuntak.

Pengacara yang menangani kasus Brigadir J ini menilai bahwa semua tudingan yang dilayangkan kepada Panji adalah hoaks atau tidak benar.

Habib Kribo

Tokoh muslim sekaligus aktivis media sosial Zein Assegaf atau yang akrab disapa Habib Kribo juga terang-terangan membela Panji Gumilang.

Dirinya mengatakan bahwa Panji tidak mungkin mengajarkan ajaran menyimpang. Meskipun tak dipungkiri akan ada perbedaan cara beribadah yang dilakukan di Al Zaytun.

Meskipun begitu, ia menyerahkan semua masalah kepada pihak berwajib agar masalah yang ada tidak jadi simpang siur belaka.

Pablo Benua

Tokoh lain yang terang-terangan membela Panji Gumilang adalah Pablo Benua.

Pada momen Tahun Baru Islam 1445 H, Pablo mengaku siap pasang badan untuk membela Pesantren al Zaytun. Bahkan ia rela menanggung biaya operasional pesantren selama ratusan rekening milik Panji Gumilang tengah dibekukan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

“Saya membela Al Zaytun dan Syekh Panji Gumilang, saya tekankan, saya pasang badan untuk Syekh Panji Gumilang dan Al Zaytun,” ucap Pablo Benua yang dikutip dari YouTube Al Zaytun Official.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper