Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbandingan Biaya Kuliah 10 Kampus Negeri Terbaik di Indonesia: UI, UGM hingga ITB

Berikut biaya kuliah di 10 kampus negeri terbaik di Indonesia mulai dari UI, UGM, IPB hingga ITB. 
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia./fk.ui.ac.id
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia./fk.ui.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa kampus negeri telah membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru periode 2023/2024.

Calon mahasiswa kini sedang mempersiapkan kampus pilihan yang dituju, utamanya perguruan tinggi negeri (PTN). 

Biaya kuliah tiap semesternya akan menjadi pertimbangan bagi mahasiswa baru untuk memilih PTN sesuai dengan kemampuan. 

Berikut ini biaya perkuliahan untuk 10 kampus negeri terbaik di Indonesia:

1. Universitas Indonesia (UI) 

Universitas Indonesia (UI) salah satu kampus negeri terbaik di Indonesia, dengan posisinya menempati urutan pertama versi Webometrics sebagai universitas terbaik di Indonesia. 

Kampus UI memiliki 15 fakultas dengan puluhan jurusan, dengan fakultas yang terdiri dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Fakultas MIPA, Fakultas Pendidikan Vokasi, FISIP, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi, Fakultas Psikologi, FEB, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Komputer, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Melansir laman UI, biaya kuliah di UI nominalnya berbeda-beda untuk tiap fakultas dan kelas.

Biaya untuk golongan 1 antara Rp0 sampai Rp500 ribu per semester. Sedangkan, untuk mahasiswa Sains dan Teknologi Kesehatan ada yang hingga Rp20 juta per semester. 

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gajah Mada (UGM) di Yogyakarta menerapkan biaya kuliah dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang sesuai dengan kemampuan mahasiswanya. 

Biaya kuliah untuk untuk golongan 1 sebesar Rp500 ribu per semester. Sedangkan paling besar untuk golongan 8 mencapai Rp26 juta. 

Berdasarkan laman resmi UGM, untuk biaya kuliah UKT golongan 1 dan 2 untuk semua fakultas harganya sama yaitu Rp500 ribu serta Rp1 juta. 

Mulai dari golongan 3 hingga 8, bergantung kebijakan tiap fakultas. Adapun yang termahal adalah UKT golongan 8 yaitu Rp26 juta. 

Sementara itu, program studi dengan UKT termurah di UGM yaitu program studi Bahasa dan Kebudayaan Korea serta Pariwisata dengan Rp8 juta per semester. 

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berada di Bandung memiliki banyak fakultas teknik, seperti Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), serta Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan atau FTSL. 

Masing-masing fakultas di ITB memiliki setidaknya 2 sampai 5 program studi. ITB menerapkan biaya kuliah dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT)

UKT golongan 1 ditetapkan biaya kuliah sebesar Rp1 juta per semester. Sedangkan untuk golongan 5 dengan golongan yang paling tinggi yaitu Rp25 juta per semester. 

4. Institut Pertanian Bogor (IPB) 

IPB merupakan salah satu kampus terkenal di kota Bogor dan menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia.

Kampus ini memiliki 9 fakultas dan 1 sekolah bisnis, antara lain Fakultas Ekologi Manusia, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Fakultas Teknologi Pertanian, FMIPA, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Peternakan, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, serta Fakultas Pertanian.

Kampus IPB menerapkan UKT dengan golongan untuk bisa menyesuaikan biaya kuliah yang harus dibayarkan mahasiswa.

Berdasarkan laman resmi IPB, biaya kuliahnya menerapkan 5 golongan UKT. Untuk golongan pertama, biaya kuliah sebesar Rp2,4 juta per semester.

Lebih lanjut untuk golongan 5 perlu membayar uang kuliah sebesar Rp10 juta hingga Rp12 juta per semester. 

Sementara itu, biaya kuliah paling mahal di IPB yaitu Rp12 juta untuk Fakultas Kedokteran Hewan atau FKH. 

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ITS mempunyai banyak program studi, antara lain Teknik Sipil, Teknik Metalurgi, Teknik Pangan, Teknik Sistem dan Industri, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Mesin, Biologi, Aktuaria, Matematika, Kimia, Fisika, dan Statistika. 

Kampus ini memberlakukan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan 7 golongan, dengan golongan 1 UKT sebesar Rp500 ribu per semester. Sedangkan golongan 7, biaya kuliahnya sebesar Rp7,5 per semester.

Melansir laman ITS, juga memiliki berbagai fasilitas lengkap yakni pusat kesehatan dan medis, asrama mahasiswa, fasilitas olahraga lengkap, akses internet memadai, kantin, masjid, dan sebagainya. 

6. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Unpad menjadi salah satu kampus di Indonesia yang menjadi incaran para mahasiswa baru. Berlokasi di Bandung, Unpad salah satu kampus terbaik di Tanah Air. 

Fakultas di Unpad antara lain, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, FMIPA, Fakultas Pertanian, FISIP, Fakultas Peternakan, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Komunikasi, FEB, dan Fakultas Psikologi. 

Unpad menetapkan biaya kuliahnya sangat beragam bergantung fakultas yang dipilih, mulai Rp6 juta sampai Rp20 juta per semester. 

7. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya atau Unbraw yang berlokasi di Malang juga menjadi salah satu kampus incaran mahasiswa baru di Indonesia. 

Berdasarkan situs resmi UB, kampus ini menerapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang terdiri dari 1 hingga 6 golongan. 

Adapun untuk golongan 1 dan 2, semua fakultas ditentukan biaya kuliahnya sama, yaitu Rp500 ribu hingga Rp 1 juta per semester. 

Sementara itu, untuk golongan 3 hingga 6, biaya kuliahnya yaitu disesuaikan dengan fakultas pilihan mahasiswa. 

Perlu diketahui, bahwa Fakultas Kedokteran UB menjadi fakultas dengan biaya pendidikan tertinggi di kampus itu dengan biaya sebesar Rp23 juta per semester.

Lalu untuk biaya kuliah paling murah di UB yaitu untuk FIB (Fakultas Ilmu Budaya) sebesar Rp4,68 juta per semester. 

8. Universitas Airlangga (Unair)

Unair merupakan kampus terkenal di Jawa Timur yang masuk ke dalam salah satu kampus terbaik di Indonesia.

Unair memiliki biaya kuliah yang berbeda setiap fakultasnya. Perbedaan biaya kuliah Unair juga berdasarkan golongan.

Adapun golongan mahasiswa di Unair dengan UKT yang dibagi atas 4 golongan, dan UKT golongan pertama dibagi menjadi 3, yaitu IA, IB, dan IC.

Sementara itu, UKT IA, IB, dan IC, masing-masing fakultas menetapkan biaya sama, yaitu sebesar Rp500 ribu sampai Rp 2,4 juta per semester. 

Selanjutnya, untuk golongan 2 sampai 4, besaran biaya kuliah juga berbeda tergantung dari masing-masing fakultas.

Berdasarkan situs resmi Unair, fakultas dengan nilai UKT termahal yang ada di golongan 4 yaitu Kedokteran Gigi dengan Rp21 juta per semester.

Lalu untuk fakultas dengan biaya kuliah terendah di Unair ada pada golongan 4 adalah FISIP dengan Rp9 juta per semester.

9. Universitas Andalas (Unand)

Universitas Andalas merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia yang berada di Pulau Sumatera, dengan berlokasi di Padang. 

Unand memiliki berbagai fakultas mulai dari Fakultas Hukum, Pertanian, Kedokteran, Hukum, FMIPA, Ekonomi, Peternakan, FISIP, Ilmu Budaya, Farmasi, Teknologi Pertanian, dan lainnya. 

Biaya kuliah Unand juga menerapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang terdiri dari golongan 1 sampai 7. 

Adapun dengan biaya kuliah terendah yaitu mahasiswa golongan 1 dan 2 dengan hanya membayar Rp500 ribu dan Rp1 juta per semester.

Sementara itu, fakultas dengan biaya pendidikan tertinggi ialah Kedokteran dan Kedokteran Gigi dengan golongan 7 dengan Rp12 juta per semester. 

10. Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)

Unsyiah merupakan kampus di Aceh yang menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia dengan pemberlakuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan golongan 1 sampai 7.

Adapun biaya kuliah mulai berbeda dari golongan 2 sampai 7 sesuai fakultas yang dipilih. Fakultas yang ada di Unsyiah juga beragam, antara lain Fakultas Teknik, FEB, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Peternakan, Fakultas Kedokteran, FMIPA, FISIP, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Perawatan.

Berdasarkan laman resmi Unsyiah, golongan pertama biaya kuliah itu sebesar Rp500 ribu sampai Rp1 juta per semester.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper