Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendaftaran Jalur Mandiri UNS Dibuka hingga 23 Juni 2023, Cek Syarat dan Jadwalnya di Sini

Pendaftaran Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU) Universitas Sebelas Maret (UNS) akan dibuka hingga 23 Juni.
Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo./Istimewa
Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Pendaftaran Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU) Universitas Sebelas Maret (UNS) akan dibuka hingga 23 Juni 2023. 

Seleksi mandiri UNS  tak hanya diperuntukkan bagi siswa SMA, SMK, maupun MA yang baru lulus, tetapi juga bagi mereka yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan atasnya paling lama tiga tahun terakhir. 

Adapun, para calon mahasiswa baru dapat melakukan pendaftaran melalui laman somb.uns.ac.id dan harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp500 ribu. 

Mengutip dalam laman spmb.uns.ac.id, terdapat sejumlah persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa baru, yaitu pendaftar harus merupakan warga negara Indonesia (WNI), merupakan lulusan SMA/SMK/MA/SMALB atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir. 

Kemudian, memiliki kesehatan yang memadai, sehingga tidak menganggu kelancaran proses studi dan wajib mengikuti dan memiliki nilai ujian tulis (UTUL) UNS 2023. 

Selain persyaratan umum, pihak penyelenggara juga menetapkan persyaratan khusus bagi mereka yang memilih sejumlah fakultas tertentu. 

Bagi peserta yang memilih program studi S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi serta S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga, maka mereka harus memiliki tinggi badan minimal 160 cm bagi laki-laki dan minimal 155 cm bagi perempuan serta mengunggah portofolio. 

Sedangkan mereka yang memilih program studi S-1 Kriya Seni/Tekstil, S-1 Seni Rupa Murni, S-1 Desain Interior, S-1 Desain Komunikasi Visual, S-1 Pendidikan Seni Rupa, maka diharuskan untuk mengunggah portofolio di bidang seni. 

Berikut tanggal penting dalam pelaksanaan SMJU Utul UNS 2023:

  1. Pendaftaran online: 30 Mei-23 Juni 2023
  2. Pembayaran biaya pendaftaran: 30 Mei-23 Juni 2023
  3. Cetak kartu peserta: 20-23 Juni 2023
  4. Ujian: simulasi 26-27 Juni 2023 (sesi pagi dan siang) dan 1 Juli 2023 (sesi pagi), ujian 3-4 Juli 2023 (sesi pagi & siang) dan 6 Juli 2023 (sesi siang)
  5. Pengumuman hasil seleksi: 11 Juli 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper