Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 PTN yang Masih Buka Pendaftaran Seleksi Mandiri: ITS, UNY, hingga USU

Seleksi mandiri menjadi salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang dapat diikuti oleh para siswa lulusan SMA/SMK/MA dan sederajat pada 2023
Universitas Negeri Yogyakarta./Istimewa
Universitas Negeri Yogyakarta./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Ada 7 perguruan tinggi negeri (PTN) yang masih membuka jalur seleksi mandiri hingga akhir Juli 2023  berdasarkan hasil UTBK-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 maupun prestasi. 

Seleksi mandiri menjadi salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang dapat diikuti oleh para siswa lulusan SMA/SMK/MA dan sederajat pada 2023. PTN yang masih membuka jalur seleksi mandiri ini menilai kemampuan siswa berdasarkan hasil UTBK-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 maupun prestasi. 

Siswa yang mengikuti seleksi mandiri dengan sistem penilaian seperti di atas, maka tidak lagi harus mengerjakan tes mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing PTN tujuan. Namun, ada beberapa kampus negeri yang juga menggunakan sistem ujian tes tertulis untuk menyeleksi para calon mahasiswa baru. 

Berikut 7 PTN yang masih membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri hingga Juli 2023: 

1. Universitas Jenderal Soedirman  

Universitas yang terletak di Purwokerto, Jawa Tengah ini masih membuka pendaftaran jalur seleksi mandiri non-UTBK hingga 14 Juli 2023. 

Komponen penilaian pada jalur ini antara lain nilai rapor SMA/sederajat semester 1—6, prestasi akademik atau non akademik serta pengalaman organisasi atau kepanitiaan di dalam maupun luar sekolah.

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember 

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuka pendaftaran jalur seleksi mandiri gelombang kedua hingga 9 Juli 2023. 

Adapun pendaftaran seleksi mandiri ini akan ditutup pada tepat pukul 15.00 WIB. Bagi siswa yang ingin mengikuti seleksi di ITS, maka akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp250 ribu. 

Para calon mahasiswa baru juga akan dikenakan biaya tes di luar biaya pendaftaran sebesar Rp100 ribu untuk Tes Potensi Akademik (TPA), Rp100 ribu untuk TKB Saintek, serta Rp100 ribu untuk TKB Soshum. 

3. Universitas Negeri Semarang 

Pendaftaran online seleksi mandiri Universitas Negeri Semarang akan dibuka hingga 11 Juli 2023 pukul 12.00 WIB. 

Terdapat dua materi yang akan diujikan pada seleksi mandiri Unnes, yaitu materi TPA dan Bahasa Inggris. Tes berbasis komputer ini akan dibagi menjadi 3 sesi dengan rincian sesi sebagai berikut: 

pukul 08.00 s.d. 10.00 WIB

pukul 11.00 s.d. 13.00 WIB

pukul 14.00 s.d. 16.00 WIB

4. Universitas Sumatra Utara (USU) 

Pihak Universitas Sumatra Utara masih membuka pendaftaran seleksi mandiri berdasarkan tes hingga 12 Juli 2023. 

Beberapa materi yang akan diujikan pada seleksi mandiri USU antara lain adalah materi kognitif, matematika, bahasa Indonesia, serta bahasa Inggris. Adapun seleksi mandiri ini akan dilaksanakan pada 15 hingga 21 Juli 2023. 

5. Universitas Negeri Yogyakarta 

Pendaftaran seleksi mandiri Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan dibuka hingga 20 Juli 2023. Adapun UNY menyediakan dua jalur penilaian, yaitu penilain berdasarkan nilai UTBK ataupun berdasarkan hasil tes tertulis. 

6. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Unesa masih membuka kesempatan bagi calon mahasiswa baru untuk bisa masuk ke kampusnya lewat jalur seleksi mandiri.

Beberapa jalur seleksi mandiri yang masih buka antara lain TMUBK PSDKU Magetan (7 Juli 2023), TMUBK Disabilitas (11 Juli 2023), dan SMBUK Sarjana (11 Juli 2023).

Pendaftaran ketiga jalur tersebut bisa dilakukan lewat laman https://admisi.unesa.ac.id/. Adapun biaya pendaftaran untuk mengikuti jalur ini yakni sebesar Rp300.000.

7. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) 

Pendaftaran mandiri Untirta dibuka dari 26 Juni—20 Juli 2023 melalui situs http://penerimaan.untirta.ac.id/. Pengumuman hasil seleksi: 22 Juli 2023 melalui situs http://pengumuman.untirta.ac.id/.

Seleksi dilakukan melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Sedangkan materi yang akan diujikan terdiri dari Tes Kemampuan Skolastik dan Tes Kemampuan Akademik. Info selengkapnya bisa dicek di pmb.untirta.ac.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper