Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Prodi Paling Diminati di Unnes di Jalur Mandiri Nilai Rapor 2023

Program Studi Manajemen Universitas Negeri Semarang (Unnes) paling diminati dari 5 prodi terfavorit lewat jalur Seleksi Mandiri Nilai Rapor.
Universitas Negeri Semarang (Unnes)/unnes.ac.id
Universitas Negeri Semarang (Unnes)/unnes.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA - Program Studi Manajemen Universitas Negeri Semarang (Unnes) paling diminati dari 5 prodi terfavorit. Sebanyak 3.603 pendaftar pada prodi itu lewat jalur pendaftaran Seleksi Mandiri (SM) Jalur Nilai Rapor.

Berdasarkan data yang diakses di laman https://sm.unnes.ac.id/jurnal, terpantau ada lima prodi Unnes yang menempati urutan teratas sementara dari SM Jalur Nilai Rapor.

Prodi Manajemen sebagai teratas, diikuti oleh Psikologi dengan jumlah 3.085 pendaftar, Kesehatan Masyarakat sebanyak 2.973 pendaftar, Ilmu Hukum (2.846 pendaftar), dan Teknik Informasi (2.409 pendaftar).

Kepala Humas Unnes Surahmat, Senin (26/6/2023), menyebut bahwa Unnes menyediakan kuota sebesar 50 persen untuk mahasiswa baru dari jalur SM yang terbagi atas beberapa kategori, salah satunya nilai rapor.

Selain nilai rapor, Unnes juga masih memiliki jalur SM lain yang masih akan dibuka, yaitu Jalur UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dan Jalur Mandiri Reguler," katanya.

Untuk jalur nilai rapor, pendaftaran akan ditutup pada Selasa (27/6/2023), setelah sempat diperpanjang, seiring dengan animo masyarakat yang masih tinggi untuk mendaftar lewat jalur tersebut.

"Jalur UTBK dibuka pada 26 Juni sampai 6 Juli 2023. Adapun seleksi mandiri reguler telah dibuka sejak 17 Mei lalu dan akan tutup pada 9 Juli 2023," jelasnya.

Jalur Rapor dan UTBK merupakan jalur seleksi tanpa tes. Pada jalur rapor, seleksi didasarkan nilai rapor semester 1-5, dan hanya diperuntukkan bagi siswa "fresh graduate" atau yang lulus pada 2023.

Jalur UTBK juga tidak melalui mekanisme tes karena penilaian dilakukan melalui skor UTBK yang telah diperoleh peserta.

Untuk prodi dengan tingkat persaingan rendah pada jalur mandiri rapor, Pendidikan Bahasa Prancis menempati urutan teratas, sementara dengan jumlah pendaftar hanya 50 orang atau paling sedikit.

Di urutan kedua, Sastra Jawa dengan 65 pendaftar, kemudian Pendidikan Bahasa Mandarin sebanyak 82 pendaftar, Pendidikan Seni Rupa sebanyak 82 pendaftar, dan Pendidikan Seni Musik ada 91 pendaftar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper