Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Politik Sepekan: Tanda-Tanda Anies Baswedan Segera Umumkan Cawapres 2024

Bakal capres Anies Baswedan diperkirakan segera mengumumkan nama bakal cawapres yang akan mendampinginya pada Pilpres 2024.
Bakal capres Anies Baswedan menemui Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan, Kamis (1/6/2023). SBY didampingi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)./Twitter @jansen_jsp
Bakal capres Anies Baswedan menemui Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan, Kamis (1/6/2023). SBY didampingi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)./Twitter @jansen_jsp

Bisnis.com, JAKARTA - Calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan bertemu dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pacitan, Jawa Timur, pada Kamis (1/6/2023).

KPP yang terdiri dari Partai Demokrat, Partai NasDem, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dikabarkan akan segera mengumumkan calon wakil presiden (cawapres) yang akan dipasangkan dengan Anies Baswedan.

Melansir akun Twitter @jansen_jsp, Wakil Sekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon berharap pertemuan Anies dengan SBY menghasilkan keputusan yang terbaik.

Turut menemani SBY menerima kehadiran Anies adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Diduga pertemuan Anies dan SBY terkait penentuan bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan berpasangan dengan Anies pada Pilpres 2024. “Semoga menghasilkan keputusan yg terbaik. Pacitan 1 Juni 2023,” tulis Jansen.

Rombongan kendaraan yang membawa Anies tiba di Museum SBY*ANI Pacitan sekitar pukul 13.30 WIB dan menggelar pertemuan tertutup.

Hingga rombongan Anies keluar lagi dari kompleks museum tak sepatah kata pun pernyataan disampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta itu kepada awak media yang sudah menunggu di luar pintu gerbang.

Sumber dari Partai Demokrat maupun Tim Relawan Anies tak satu pun yang memberikan informasi terkait hasil pertemuan dengan SBY tersebut.

Pertemuan Anies, SBY, dan AHY di Pacitan dikabarkan dalam rangka memperkuat rencana pengumuman calon wakil presiden pada Pilpres 2024.

Anies selaku calon presiden dari Koalisi Perubahan dikabarkan akan mengumumkan bakal calon wakilnya pada minggu ini atau paling lambat pekan depan.

3 Kandidat

Sebelumnya, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan pembahasan nama cawapres untuk Anies mengerucut, sehingga dalam waktu dekat bisa diumumkan.

Mardani menjelaskan, Tim Kecil yang terdiri dari perwakilan Anies dan tiga partai pengusungnya sudah lama membahas nama cawapres yang cocok untuk Anies.

Oleh sebab itu, dalam satu atau dua hari ke depan pasangan Anies dapat disampaikan ke publik.

"Hasil [pembahasan cawapres] Tim Kecil kita mulai mengerucut, doakan satu dua hari ini sudah bisa menyebutkan nama," ujar Mardani usai acara Bimteknas PKS di Hotel Millenium, Jakarta Pusat, Selasa (30/5/2023) malam.

Tak hanya itu, dia menyatakan kandidat cawapres Anies sudah mengerucut pada tiga nama yaitu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Wakil Ketua Majelis Syura PKS Ahmad Heryawan (Aher).

Mardani mengungkap salah satu dari tiga nama itu sudah 80 persen pasti akan menjadi cawapres Anies. Meski demikian, dia tak menutup kemungkinan ada nama kejutan lain yang tiba-tiba muncul.

"Kemungkinan selalu ada tapi kalau saya bisa menyebutkan 80 persen tiga orang itu. Insya Allah, tapi kan politik itu 20 persen juga satu lain hal lah," ujar anggota Komisi II DPR ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Erta Darwati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper