Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Pakai Baju Adat Melayu saat Upacara Hari Lahir Pancasila, Ini Maknanya

Wapres Maruf Amin mengenakan setelan pakaian adat Melayu berwarna hijau tosca dilengkapi kain bernuansa senada pada upacara Hari Lahir Pancasila 2023
Wapres Pakai Baju Adat Melayu saat Upacara Hari Lahir Pancasila, Ini Maknanya / Setwapres
Wapres Pakai Baju Adat Melayu saat Upacara Hari Lahir Pancasila, Ini Maknanya / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (1/6/2023).

Mengenakan setelan pakaian adat Melayu berwarna hijau tosca dilengkapi kain bernuansa senada, Wapres ke-13 RI itu tampak khidmat mengikuti jalannya prosesi Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023.

Adapun, pakaian adat yang dikenakan oleh Wapres Ma'ruf memiliki arti mengurung yang memakainya, maksudnya baik mengurung dalam adat juga dalam syariat, baju kurung ini biasanya dipakai pada upacara adat, acara resmi, juga pakaian harian.

Bagi orang Melayu, pakaian adat ini selain berfungsi sebagai penutup aurat dan pelindung tubuh dari panas dan dingin, juga menyertakan lambang-lambang. Lambang-lambang itu mewujukan niali-nilai luhur yang dijunjung tinggi oleh masyarakatnya.

Dalam acara tersebut, sejumlah tamu yang hadir juga menggunakan baju adat dari berbagai daerah. Misalnya, beberapa pejabat yang hadir di acara itu seperti Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang mengenakan pakaian adat Melayu berwarna hijau Toska, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dengan kebaya bernuansa merah.

Kemudian, turut hadir Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet, Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz, Wakil Presiden ke-11 Boediono, para menteri Kabinet Indonesia Maju, hingga ketua umum partai politik.

Sebagai informasi, sesuai Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 1 Tahun 2023 tentang Pedoman Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, pelaksanaan upacara dilaksanakan secara luring dan berpusat di Lapangan Monas, Jakarta.

Edaran ini juga mengatur seluruh instansi pemerintah di tingkat pusat dan daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri dan institusi pendidikan untuk melaksanakan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 secara luring di tempat masing-masing.

Dikutip dari surat edaran ini, Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 adalah “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

Selain Wapres, turut hadir mengikuti upacara dari Lapangan Monas diantaranya, para Menteri di Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI, Kepala Kepolisian Republik Indonesia, para pimpinan lembaga negara, kementerian/lembaga, dan para tokoh serta tamu undangan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper