Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pidato Lengkap Jokowi pada Hari Lahir Pancasila 2023

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 bertema Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global. Pidato Lengkap Jokowi pada Upacara Hari Lahir Pancasila
Pidato Lengkap Jokowi pada Hari Lahir Pancasila 2023. Suasana upacara Hari Lahir Pancasila di Monas, Jakarta, Kamis (1/6/2023) / BISNIS - Akbar Evandio
Pidato Lengkap Jokowi pada Hari Lahir Pancasila 2023. Suasana upacara Hari Lahir Pancasila di Monas, Jakarta, Kamis (1/6/2023) / BISNIS - Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA - Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini mengambil tema 'Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global'

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini bahwa pancasila memiliki peran penting dalam menghadapi krisis dan dinamika global.

Hal ini dia sampaikan saat memberikan pidato di upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di pelataran Monumen Nasional (Monas), Kamis (1/6/2023).

“Selama ini kita bisa bertahan dari krisis dan tantangan global adalah sumbangsih seluruh anak bangsa, berkat persatuan, gotong royong bangsa ini lebih dipercaya dunia. Semua itu fondasinya adalah ideologi pancasila,” katanya, Kamis (1/6/2023).

Dia melanjutkan sebagai Negara besar Indonesia harus duduk sejajar dengan bangsa-bangsa lain.

“Kita siap bekerja sama dan berkolaborasi dengan Negara mana pun dan menjadi jembatan dari hubungan antar Negara di dunia. Inilah Indonesia yang tidak bisa didiktw oleh Negara manapun, tetapi siap untuk berkolaborasi,” pungkas Jokowi.

Pidato Lengkap Jokowi pada Upacara Hari Lahir Pancasila 2023 di Monas, Jakarta, Kamis (1/6/2023):

Alhamdulillah, di tengah krisis yang melanda dunia, Indonesia adalah satu dari sedikit negara yang berhasil menjaga stabilitas ekonominya, menjaga stabilitas sosial dan politiknya. Inflasi terkendali, investasi tumbuh dan lapangan kerja bisa bertambah.

Ini adalah sumbangsih seluruh anak bangsa. Berkat persatuan berkat kerja keras dan gotong royong, bangsa ini berhasil menghadapi tantangan dan semakin dipercaya dunia. Semua itu pondasinya adalah ideologi Pancasila yang diwariskan oleh presiden pertama Ir Soekarno. Ideologi yang harus terus kita pegang teguh untuk memperkokoh kemajuan bangsa.

Saat ini kita masih terus berjuang untuk menghadirkan pembangunan yang adil dan merata. Ini butuh kesinambungan dan keberlanjutan. Personil dalam pemerintah bisa berganti tetapi perjuangan tak boleh berhenti, keadilan pemerataan dan kesejahteraan adalah yang ingin kita wujudkan melalui reformasi struktural. Peningkatan kualitas SDM, hirilisasi industri dan pembangunan ibukota Nusantara.

Kita ingin kekayaan alam negeri ini bermanfaat maksimal bagi Kesejahteraan Rakyat. Kita ingin rakyat di luar Jawa juga merasakan manfaat yang signifikan dari pembangunan yang ada

Bapak Ibu saudara-saudara sebangsa dan setanah air, sebagai negara besar Indonesia harus duduk sejajar dengan bangsa bangsa-lain. kita siap bekerja sama, siap memimpin, kita ingin bekerja sama kita ingin berkolaborasi dengan negara manapun dan menjadi titik temu serta jembatan dari perbedaan-perbedaan yang ada di dunia

Inilah Indonesia, Indonesia adalah Indonesia yang tidak dapat didikte oleh siapapun, yang tidak dapat didikte oleh negara manapun, namun siap selalu siap berkontribusi bagi dunia.

Ideologi Pancasila membuat kepemimpinan Indonesia diterima dan diakui dunia. Presidensi G-20 yang telah sukses dilaksanakan. Keketuan ASEAN tahun ini merupakan bukti nyata bahwa Pancasila bukan hanya utama untuk Indonesia tetapi juga sangat relevan untuk dunia.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, toleransi, persatuan dan gotong royong adalah kunci membangun bangsa yang kokoh. Oleh sebab itu, saya mengajak kita semuanya untuk menolak ekstremisme, menolak politisasi identitas, menolak politisasi agama.

Mari Kita menyambut pesta demokrasi Pemilu 2024 dengan kedewasaan, dengan sukacita, dengan memegang teguh dan nilai-nilai Pancasila, memperjuangkan Indonesia maju yang adil yang sejahtera serta berwibawa di kancah dunia. selamat hari lahir Pancasila salam Pancasila merdeka terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper