Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bacaan Surat Yunus Ayat 40-41, Arti dan Isi Kandungannya

Surat Yunus ayat 40-41 mengajarkan tentang keberagaman dan toleransi. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.
Bacaan Surat Yunus Ayat 40-41, Arti dan Isi Kandungannya  (freepik)
Bacaan Surat Yunus Ayat 40-41, Arti dan Isi Kandungannya (freepik)

Bisnis.com, JAKARTA - Surat Yunus merupakan salah satu surat Makkiyah atau surat yang turun sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah.

Walaupun demikian, Dari 109 ayat di dalamnya, ayat ke 40, 94, dan 95 ternyata turun di Madinah. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar surat Yunus ayat 40-41 lengkap dengan isi kandungannya. 

Surat Yunus Ayat 40-41 Latin dan Arti

Apabila mengacu pada artinya, surat Yunus ayat 40-41 menerangkan mengenai golongan yang mendustakan Al-Qur’an. Berikut surat Yunus ayat 40-41 Latin beserta terjemahannya dalam Bahasa Indonesia.

Surat Yunus Ayat 40

وَمِنْهُمْ مَّنْ يُّؤْمِنُ بِهٖ وَمِنْهُمْ مَّنْ لَّا يُؤْمِنُ بِهٖۗ وَرَبُّكَ اَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِيْنَ

wa min-hum may yu'minu bihî wa min-hum mal lâ yu'minu bih, wa rabbuka a‘lamu bil-mufsidîn

Artinya: “Di antara mereka ada orang yang beriman padanya (Al-Qur’an), dan di antara mereka ada (pula) orang yang tidak beriman padanya. Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan.”

Surat Yunus Ayat 41

وَاِنْ كَذَّبُوْكَ فَقُلْ لِّيْ عَمَلِيْ وَلَكُمْ عَمَلُكُمْۚ اَنْتُمْ بَرِيْۤـُٔوْنَ مِمَّآ اَعْمَلُ وَاَنَا۠ بَرِيْۤءٌ مِّمَّا تَعْمَلُوْنَ

wa ing każżabụka fa qul lī 'amalī wa lakum 'amalukum, antum barī`ụna mimmā a'malu wa ana barī`um mimmā ta'malụn

Artinya: “Jika mereka mendustakan kamu, maka katakanlah: "Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan dan akupun berlepas diri terhadap apa yang kamu kerjakan".

Isi Kandungan Surat Yunus Ayat 40-41

Dari arti surat Yunus ayat 40-41 dan pernyataan resmi Kemenag RI didapati isi kandungan dan tafsirnya sebagai berikut.

1. Terbaginya golongan kaum musyrikin yang mendustakan Al-Qur’an

Kandungan surat Yunus ayat 40-41 yang pertama yaitu mengenai dua golongan kaum musyrikin pada zaman Nabi Muhammad. Pertama, golongan kaum musyrikin yang mempercayai Al-Qur’an. Kedua, golongan yang a tidak mempercayai sama sekali Al-Qur’an dan terjerumus dalam kekafiran. 

Selain itu, diterangkan juga hukuman bagi orang yang berbuat kerusakan di bumi serta menentang hukum Allah bukan lagi azab seperti kaum-kaum sebelumnya. Akan tetapi, berupa siksaan yang lebih pedih di akhirat.

2. Perintah untuk tidak menghakimi orang yang mendustakan Al-Qur’an

Hal ini terkandung salah satunya pada frasa “akupun berlepas diri terhadap apa yang kamu kerjakan”. Allah SWT menjelaskan kepada Nabi Muhammad dan umatnya untuk berlepas diri dan tidak memaksakan kehendak terhadap kaum yang mendustakan Al-Qur’an. Selain itu, kita juga tidak boleh menghakiminya karena Allah maha mengetahui dan akan menghukumnya di akhirat kelak. 

3. Perintah toleransi terhadap kaum non-muslim

Dari arti surat Yunus ayat 40-41 secara tersirat menerangkan bahwa kita sebagai umat muslim tidak perlu mencampuri hak kaum non-muslim dalam hal keimanan mereka. Harapannya, kaum non-muslim juga tidak mencampuri keimanan umat Islam terhadap Al-Qur’an. 

Secara garis besar, kandungan surat Yunus Ayat 40-41 berisi mengenai keragaman yang terjadi di lingkup keimanan umat manusia. Sebagian beriman terhadap Al-Qur’an sebagai hukum Allah, dan sebagian tidak beriman terhadapnya atau mendustakannya. 

Sebagai kaum muslim yang beriman, kita tidak diperkenankan untuk menghakimi mereka. Sebaliknya, kita dituntut untuk menghargai dan bertoleransi akan pendapat dan keimanan mereka. Pasalnya, Allah yang Maha Mengetahui lebih berhak memberikan ganjaran kepada mereka dibandingkan kaum muslimin yang sejatinya hanya manusia yang lemah di hadapannya.

Demikian informasi lengkap Surat Yunus Ayat 40-41 Latin, beserta arti dan isi kandungannya. Alangkah baiknya kita mempelajari dan mengamalkan isi ayat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper