Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kandungan Surat Luqman Ayat 13-14, Penting untuk Diamalkan

Isi kandungan surat Luqman ayat 13-14 sangat beragam mulai dari tauhid, birrul walidain, hingga bersyukur. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Kandungan Surat Luqman Ayat 13-14, Penting untuk Diamalkan  (pexels)
Kandungan Surat Luqman Ayat 13-14, Penting untuk Diamalkan (pexels)

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai pedoman hidup, ayat Al-Quran berisi beragam nasihat bagi manusia, khususnya umat Islam.

Diantara banyaknya ayat Al-Quran, surat Luqman ayat 13-14 menjadi ayat yang mengandung nasihat sekaligus pengingat bagi kita semua.

Pada artikel ini, kita akan mengulas seputar surat Luqman ayat 13 dan 14 mulai dari lafal, arti, hingga isi kandungannya.

Lafal Surat Al Luqman Ayat 13-14 dan Artinya

Perlu diketahui bahwa nama surat ini diambil dari nama seorang laki-laki bernama Luqman yang mendapatkan gelar Al-Hakim atau ilmu yang bermanfaat dari Allah SWT. Adapun surat Luqman ayat 13-14 latin, Arab, dan artinya, seperti berikut.

وَاِذْ قَالَ لُقْمٰنُ لِابْنِهٖ وَهُوَ يَعِظُهٗ يٰبُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللّٰهِۗ اِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيْمٌ ۝١٣

wa idz qâla luqmânu libnihî wa huwa ya‘idhuhû yâ bunayya lâ tusyrik billâh, innasy-syirka ladhulmun ‘adhîm

Artinya:

(Ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, saat dia menasihatinya, “Wahai anakku, janganlah mempersekutukan Allah! Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) itu benar-benar kezaliman yang besar.”

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِۚ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصَالُهٗ فِيْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِوَالِدَيْكَۗ اِلَيَّ الْمَصِيْرُ ۝١٤

wa washshainal-insâna biwâlidaîh, ḫamalat-hu ummuhû wahnan ‘alâ wahniw wa fishâluhû fî ‘âmaini anisykur lî wa liwâlidaîk, ilayyal-mashîr

Artinya:

Kami mewasiatkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam dua tahun. (Wasiat Kami,) “Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu.” Hanya kepada-Ku (kamu) kembali.

Isi Kandungan Surat Luqman Ayat 13-14

Sama halnya dengan ayat Al-Quran lainnya, pada surat Luqman ayat ke-13 dan 14 juga terdapat pesan atau isi kandungan yang perlu dipelajari. Mengutip dari umma.id berikut ini tafsir kedua ayat tersebut.

1. Anjuran menerapkan parenting seperti Luqman Al-Hakim

Luqman merupakan seorang yang istimewa, sehingga namanya diabadikan menjadi nama surat dalam Al-Qur'an. Pada surat Luqman ayat ke-13, terdapat pelajaran parenting yang sebaiknya dicontoh para orang tua dalam mendidik anaknya.

2. Larangan menyekutukan Allah

Dalam ayat ke-13, juga terdapat larangan syirik atau menyekutukan Allah. Pada ayat tersebut, Luqman menasehati anaknya untuk tidak menyekutukan Allah dan menjelaskan bahwa syirik termasuk perbuatan zalim yang besar.

3. Perintah berbakti kepada orang tua

Selain berisi nasihat untuk anak, surat Luqman juga menerangkan seputar perintah berbakti kepada orang tua atau birrul walidain. Dalam surat Luqman ayat 14, Allah memerintahkan manusia untuk berbakti kepada orang tua. Allah juga memerintahkan untuk menghormati dan memuliakan orang tua.

4. Menerangkan besarnya jasa ibu

Dalam surat Luqman ayat 14 juga menerangkan tentang besarnya jasa ibu dalam mengandung dan merawat anaknya. Dalam ayat ini juga disebutkan seorang ibu setidaknya memberikan ASI selama 2 tahun.

5. Mengajarkan untuk bersyukur kepada Allah dan orang tua

Selain perintah untuk bertauhid kepada Allah dan berbakti kepada orang tua, dalam surat tersebut juga terdapat nasihat agar kita senantiasa bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada orang tua.

Bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang diberikan, tak terkecuali nikmat diberi orang tua yang mengasihi anaknya dengan sepenuh hati. Lalu, berterima kasih kepada kedua orang tua karena telah membesarkan dan mengasuh dengan baik.

Itulah penjelasan seputar surat Luqman ayat 13-14. Dari penjelasan di atas, kita bisa mengetahui bahwa ada banyak pelajaran berharga, mulai dari tauhid, birrul walidain, hingga bersyukur.

Alangkah baiknya kita terus mempelajari ayat-ayat Al-Quran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper