Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bacaan Surat Al-Kahfi Ayat 1-10: Arab, Latin dan Terjemahan

Quran Surat Al Kahfi ayat 1-10 biasanya dibaca ketika hari Jumat. Berikut bacaan, latin, terjemah dan keutamaan ayat Al-Quran tersebut.
Lafal Surat Al-Kahfi Ayat 1-10 Lengkap dengan Keutamaannya (unplash)
Lafal Surat Al-Kahfi Ayat 1-10 Lengkap dengan Keutamaannya (unplash)

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai seorang muslim, pasti kita sering mendengar mengenai amalan sunnah untuk membaca Surat Al-Kahfi di malam dan hari Jum’at.

Hal tersebut sejalan dengan pernyataan Imam Syafi’i mengenai anjuran membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at. Lantas, bagaimana bacaan dan keutamaan surat Al Kahfi Ayat 1-10? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Surat Al Kahfi Ayat 1-10 Latin dan Artinya

Berikut ini Bacaan Surat Al-Kahfi Ayat 1-10 Arab

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَنْزَلَ عَلَى عَبْدِهِ الْكِتَابَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَهُ عِوَجًا (1) قَيِّمًا لِيُنْذِرَ بَأْسًا شَدِيدًا مِنْ لَدُنْهُ وَيُبَشِّرَ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا حَسَنًا (2) مَاكِثِينَ فِيهِ أَبَدًا (3) وَيُنْذِرَ الَّذِينَ قَالُوا اتَّخَذَ اللَّهُ وَلَدًا (4) مَا لَهُمْ بِهِ مِنْ عِلْمٍ وَلَا لِآَبَائِهِمْ كَبُرَتْ كَلِمَةً تَخْرُجُ مِنْ أَفْوَاهِهِمْ إِنْ يَقُولُونَ إِلَّا كَذِبًا (5) فَلَعَلَّكَ بَاخِعٌ نَفْسَكَ عَلَى آَثَارِهِمْ إِنْ لَمْ يُؤْمِنُوا بِهَذَا الْحَدِيثِ أَسَفًا (6) إِنَّا جَعَلْنَا مَا عَلَى الْأَرْضِ زِينَةً لَهَا لِنَبْلُوَهُمْ أَيُّهُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا (7) وَإِنَّا لَجَاعِلُونَ مَا عَلَيْهَا صَعِيدًا جُرُزًا (8) أَمْ حَسِبْتَ أَنَّ أَصْحَابَ الْكَهْفِ وَالرَّقِيمِ كَانُوا مِنْ آَيَاتِنَا عَجَبًا (9) إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آَتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا (10

Surat Al-Kahfi Ayat 1-10 Latin:

  • qayyimal liyunżira ba`san syadīdam mil ladun-hu wa yubasysyiral-mu`minīnallażīna ya'malụnaṣ-ṣāliḥāti anna lahum ajran ḥasanā.
  • qayyimal liyunżira ba`san syadīdam mil ladun-hu wa yubasysyiral-mu`minīnallażīna ya'malụnaṣ-ṣāliḥāti anna lahum ajran ḥasanā.
  • mākiṡīna fīhi abadā.
  • wa yunżirallażīna qāluttakhażallāhu waladā.
  • mā lahum bihī min 'ilmiw wa lā li`ābā`ihim, kaburat kalimatan takhruju min afwāhihim, iy yaqụlụna illā każibā.
  • fa la'allaka bākhi'un nafsaka 'alā āṡārihim il lam yu`minụ bihāżal-ḥadīṡi asafā.
  • innā ja'alnā mā 'alal-arḍi zīnatal lahā linabluwahum ayyuhum aḥsanu 'amalā.
  • wa innā lajā'ilụna mā 'alaihā ṣa'īdan juruzā.
  • am ḥasibta anna aṣ-ḥābal-kahfi war-raqīmi kānụ min āyātinā 'ajabā.
  • iż awal-fityatu ilal-kahfi fa qālụ rabbanā ātinā mil ladungka raḥmataw wa hayyi` lanā min amrinā rasyadā.

Terjemahan Surat Al Kahfi Ayat 1-10:

  1. Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan kepada hamba-nya al kitab (Al-Quran) dan dia tidak mengadakan kebengkokan di dalamnya.
  2. Sebagai bimbingan yang lurus, untuk memperingatkan siksaan yang sangat pedih dari sisi Allah dan memberi berita gembira kepada orang-orang yang beriman, yang mengerjakan amal saleh, bahwa mereka akan mendapat pembalasan yang baik.
  3. Mereka kekal di dalamnya untuk selama-lamanya.
  4. Dan untuk memperingatkan kepada orang-orang yang berkata: "Allah mengambil seorang anak".
  5. Mereka sekali-kali tidak mempunyai pengetahuan tentang hal itu, begitu pula nenek moyang mereka. Alangkah buruknya kata-kata yang keluar dari mulut mereka; mereka tidak mengatakan (sesuatu) kecuali dusta.
  6. Maka (apakah) barangkali kamu akan membunuh dirimu karena bersedih hati setelah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al-Quran).
  7. Sesungguhnya kami telah menjadikan apa yang di bumi sebagai perhiasan baginya, agar kami menguji mereka siapakah di antara mereka yang terbaik perbuatannya.
  8. Dan sesungguhnya kami benar-benar akan menjadikan (pula) apa yang di atasnya menjadi tanah rata lagi tandus.
  9. Atau kamu mengira bahwa orang-orang yang mendiami gua dan (yang mempunyai) raqim itu, mereka termasuk tanda-tanda kekuasaan kami yang mengherankan?
  10. (Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: "wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).

Keutamaan Surat Al Kahfi Ayat 1-10

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa di waktu tertentu kita dianjurkan untuk membaca QS. Al-Kahfi. Mengutip dari beberapa sumber, berikut keutamaan Surat Al-Kahfi Ayat 1-10:

1. Peringatan akan Rasa Syukur dan Keimanan terhadap Al-Qur’an serta Hari Kiamat

Berdasarkan Zubdatut Tafsir, surat Al Kahfi Ayat 1-10 berisi perintah bagi kaum muslim untuk bersyukur atas diturunkannya Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Selain itu, dijelaskan juga bahwa Allah SWT menurunkan rezeki kepada umat manusia untuk menguji manusia. Pasalnya, di hari akhir kelak semua harta kekayaan duniawi akan rata menjadi tanah dan tidak lagi berharga.

2. Amalan Membaca Surat Al-Kahfi

Disunnahkan bagi kaum Muslim untuk membaca Surat Al-Kahfi pada hari atau malam Jum’at. Menurut pernyataan Imam Syafi’i bahwa pada hari dan malam Jum’at dianjurkan memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad serta bacaan Surat Al-Kahfi. Pasalnya nantinya, kiamat akan terjadi di hari Jum’at. Imam Syafi’i juga memberikan pernyataan bahwa keutamaan Surat Al-Kahfi lainnya yaitu terhindar dari fitnah dajjal ketika kiamat kelak. 

Itulah bacaan Quran Surat Al Kahfi Ayat 1-10 dengan bahasa Arab, latin, terjemahan serta keutamaan membacanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper