Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kado Keberhasilan Penanggulangan Pandemi Covid

Penghargaan untuk PPKM diberikan pada sejumlah penerima yang memberikan layanan covid selama pandemi.
Ilustrasi ppkm
Ilustrasi ppkm

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah memberikan penghargaan kepada berbagai pihak yang telah mendukung dan berkontribusi terhadap penanganan COVID-19.

Penghargaan diserahkan karena keberhasilan penanganan pandemi COVID-19 merupakan bukti bahwa Indonesia mampu menghadapi tantangan seberat apapun bila kita bersatu demi kepentingan Bangsa dan Negara.

Bahkan, keberhasilan ini mendapat pengakuan dari berbagai negara termasuk dari World Health Organization dan John Hopkins University.

Dikutip dari laman resmi Kemenkes, pemberian penghargaan, dilakukan dengan metodologi yang seobjektif mungkin. Adapun tim juri dari pemilihan PPKM Award ini adalah para pakar epidemiolog.

Penghargaan diberikan kepada lebih dari 800 penerima. Dari semua kategori, ditetapkan pemenang berdasarkan kawasan yakni Kawasan Sumatera; Jawa-Bali; Sulawesi; Kalimantan; Nusa Tenggara-Maluku-Papua.

Adapun kategori penghargaan sebagai berikut:

1. Kategori penghargaan Pemerintah Daerah

Penjurian kategori ini dipimpin oleh Kementerian Dalam Negeri untuk memilih Provinsi Berkinerja Terbaik dan Kab/Kota Berkinerja Terbaik (33 pemenang)

2. Kategori Penghargaan Fasilitas Layanan Kesehatan

Penjurian kategori ini dipimpin oleh Kementerian Kesehatan untuk memilih Puskesmas (102 pemenang); Rumah Sakit (59 pemenang); Laboratorium Terbaik (126 pemenang)

3. Kategori Penghargaan Satuan TNI Daerah;

Penjurian kategori ini dipimpin oleh Tentara Nasional Indonesia untuk memilih Kodam Terbaik dan Kodim Terbaik; (6 pemenang)

4. Kategori Penghargaan Satuan Kepolisian

Penjurian kategori ini dipimpin oleh Kepolisian Republik Indonesia untuk memilih Polda Terbaik dan Polres Terbaik; (6 pemenang)

5. Kategori Penghargaan Lain-lain diberikan untuk memilih :

  • Sentra Vaksinasi terbaik; (79 pemenang)
  • Layanan Telemedisin terbaik; (18 pemenang)
  • Media dan Influencer terbaik; (38 pemenang)
  • Organisasi keagamaan pendukung pemerintah dalam penanganan pandemi terbaik; (7 pemenang)
  • Akademisi pendukung pemerintah dalam penanganan pandemi terbaik; (5 pemenang)
  • BUMN pendukung layanan penanganan pandemi terbaik; (13 pemenang)
  • Organisasi Internasional pendukung Pemerintah Indonesia dalam penanganan pandemi terbaik; (29 pemenang)
  • Perusahaan swasta luar negeri pendukung Pemerintah Indonesia dalam penanganan pandemi terbaik; (110 pemenang)
  • Perusahaan swasta dalam negeri pendukung pemerintah dalam penanganan pandemi terbaik; (179 pemenang)
    LSM pendukung Pemerintah Indonesia dalam penanganan pandemi terbaik; (30 pemenang)
  • Salah satu penerima penghargaan telemedisine yakni Good Doctor yang ditunjuk secara resmi untuk memberikan layanan telekonsultasi dan isolasi mandiri (isoman) gratis kepada seluruh masyarakat Indonesia yang terinfeksi COVID-19 sejak 4 Juli 2021 hingga sekarang.

Good Doctor menerima PPKM Award kategori Telemedicine.

Managing Director PT Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana, mengatakan, penghargaan ini akan menambah upaya mereka dalam meningkatkan akses layanan kesehatan berkualitas dengan teknologi digital  kepada seluruh masyarakat di Indonesia.

"Dengan demikian, semakin mendekatkan ketercapaian visi kami, Satu Dokter untuk Setiap Keluarga di Indonesia," ujarnya.

Dia memaparkan, sejak awal pandemi COVID-19, Good Doctor telah melakukan berbagai upaya komprehensif untuk mendukung Pemerintah dalam mengendalikan pandemi ini.

Mulai dari penyediaan edukasi kesehatan khusus mengenai COVID-19, layanan tes swab, Klinik COVID-19, dan vaksin COVID-19 yang bermitra dengan berbagai pemangku kepentingan untuk meluncurkan pusat vaksinasi di berbagai daerah di Indonesia.

Di setiap sentra vaksinasi itu, Good Doctor menerapkan metode yang terbukti mengurangi kerumunan massa dan meminimalkan pembatalan di lokasi atau keterlambatan melalui pemanfaatan fitur registrasi peserta vaksinasi serta fitur pre-screening yang dapat diakses melalui aplikasi Good Doctor dan GrabHealth powered by Good Doctor. Seperti kita ketahui bahwa kerumunan dapat menjadi salah satu faktor risiko penyebaran COVID-19.

Hingga sejak 4 Juli 2021 Good Doctor resmi ditunjuk Pemerintah (Kementerian Kesehatan) di bawah naungan Aliansi Telemedik Indonesia (ATENSI) untuk memberikan layanan telekonsultasi dan isolasi mandiri (isoman) gratis kepada seluruh masyarakat Indonesia yang terinfeksi COVID-19. Padahal pada saat itu Good Doctor masih terbilang pemain baru di telemedicine.

Lebih dari 70.000 orang telah merasakan manfaat telekonsultasi dengan Good Doctor dan program ini masih berlangsung sampai sekarang.

Selain itu, Good Doctor menghadirkan informasi panduan COVID-19 yang lengkap dan akurat yang selalu mengikuti pembaruan kebijakan Pemerintah dan Kementerian Kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper