Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmikan Papua Youth Creative Hub, Jokowi: Daerah Lain Tolong Tiru!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bangga atas kemajuan Papua lantaran memiliki ruang kreativitas anak muda saat ia meresmikan gedung Papua Youth Creative Hub (PYH).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pembukaan Business Matching Produk Dalam Negeri, Jakarta, Rabu (15/3/2023). Dok Setpres RI.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pembukaan Business Matching Produk Dalam Negeri, Jakarta, Rabu (15/3/2023). Dok Setpres RI.

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) Jokowi mengaku bangga atas kemajuan Papua lantaran memiliki ruang kreativitas bagi anak muda di Papua.

Hal ini dia sampaikan ketika meresmikan gedung Papua Youth Creative Hub (PYH) atau Papua Muda Inspiratif (PMI) yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (21/3/2023).

Selain itu, dirinya juga mengapresiasi pembangunan dari PYH yang dapat dibangun sesuai rencananya. Sehingga diharapkannya ruang tersebut bisa meningkatkan perekonomian Papua.

"Pagi hari ini saya betul-betul merasa sangat bangga karena permintaan saat itu 23 anak-anak muda Papua yang saya undang ke Istana untuk miliki sebuah ruang pemberdayaan peningkatan kualitas SDM hari ini bisa kita lihat bersama di Papua Youth Creative Hub di Jayapura," katanya, Selasa (21/3/2023).

Jokowi mengatakan bahwa ia memiliki rencana membangun ruang SDM seperti PYH di provinsi lain. Oleh sebab itu, Rencana tersebut disebutnya telah disampaikan kepada Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

"Tadi saya bisik-bisik sama KaBIN, ini Indonesia yang pertama di Papua, saya minta agar juga dibangun di NTT, di Papua Barat, kemudian di Maluku, dan Aceh, mulai tahun ini sehingga selesainya tahun depan, niru semua yang ada di sini, ini sudah sangat bagus sekali," ucapnya.

Selanjutnya, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta ruang pemberdayaan SDM di provinsi lain meniru seperti yang ada di Papua, sebab orang nomor satu di Indonesia ini mengaku puas dengan pembangunan tersebut.

"Saya sangat kaget bahwa semuanya ada, di page ini, dari mulai masuk di pembuatan handphone, laptop, kemudian ada podcast, ada studio musik, studio fotografi, dan juga memamerkan produk-produk yang ada di tanah Papua dengan kemasan dan packaging, dan branding yang sangat bagus sekali. Kalau ini diteruskan, jangan-jangan anak-anak muda di provinsi lain ketinggalan dengan anak-anak muda di Papua," tuturnya.

Di sisi lain, Presiden RI Ke-7 itu juga menyampaikan kekagumannya sebelum meresmikan PYH dia meninjau gedung tersebut, sebab dengan kepala matanya sendiri kreatifitas anak muda Papua diyakininya tak kalah dengan daerah lain.

"Ada desainer untuk pakaian-pakaian etnik Papua yang didesain, diberi warna sehingga betul diferensiasinya kelihatan sekali. Saya sangat kagum atas kecepatan yang terjadi di sini," pungkas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper