Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Tips Khatam Al-Quran di Bulan Ramadan yang Bisa Diikuti

Khatam Alquran di bulan Ramadan ternyata cukup mudah. Berikut tips khatam Al-Quran di bulan mudah yang bisa diterapkan.
4 Tips Khatam Alquran di Bulan Ramadhan yang Bisa Diikuti - Freepik
4 Tips Khatam Alquran di Bulan Ramadhan yang Bisa Diikuti - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Saat bulan Ramadan, kita dianjurkan untuk melakukan ibadah dan hal-hal baik yang mendatangkan pahala.

Salah satu ibadah yang bisa dilakukan dengan mudah yaitu membaca Al-Quran. Bahkan, banyak di antara umat Islam yang berkomitmen untuk khatam Al-Quran di bulan Ramadan. Lantas, bagaimana tips khatam Al-Quran di bulan Ramadan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Keutamaan Membaca Al-Quran di Bulan Ramadan

Perlu diketahui bahwa kitab suci Al-Quran memiliki 30 juz, khatam Al-Quran artinya sudah selesai membaca 30 juz Alquran. Membaca Al-Quran menjadi ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan umat Islam, khususnya saat bulan Ramadan.

Ada banyak keutamaan membaca Al-Quran di bulan Ramadan. Salah satunya karena Ramadan dikenal dengan istilah bulan Al-Quran. Hal ini sesuai dengan penjelasan dalam Quran Surat Al-Baqarah ayat 2, yang berbunyi.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ   

Artinya: “Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah : 2).

Selain itu, keutamaan membaca Al-Quran di bulan Ramadan juga menjadi ladang pahala. Hal ini diterangkan dalam hadis, berikut ini:

عن ابن مسعودٍ رضيَ اللَّه عنهُ قالَ : قال رسولُ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم : منْ قرأَ حرْفاً مِنْ كتاب اللَّهِ فلَهُ حسنَةٌ ، والحسنَةُ بِعشرِ أَمثَالِهَا لا أَقول : الم حَرفٌ ، وَلكِن : أَلِفٌ حرْفٌ، ولامٌ حرْفٌ ، ومِيَمٌ حرْفٌ » رواه الترمذي وقال : حديث حسن صحيح .

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut. Satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Dan aku tidak mengatakan “Alif Laam Miim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, No. 6469)

Cara Agar Khatam Al-Quran di Bulan Ramadan

Keutamaan membaca Al-Quran sangat banyak, maka dari itu sangat dianjurkan untuk mengkhatamkan Al-quran saat bulan Ramadan. Melansir dari situs kemenag.go.id, berikut ini cara cepat khatam Alquran di bulan Ramadan.

1. Menggunakan mushaf Al-Quran per-juz

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Alquran memiliki 30 juz. Untuk mempermudah khatam, maka sebaiknya gunakan mushaf Tips Khatam Al-Quran yang dicetak per juz. Dalam satu juz, biasanya berisi 11 lembar atau 22 halaman.

Anda dapat menggunakan sistem target 1 hari 1 juz atau one day one juz. Dengan demikian, di hari ke-30 Anda bisa menyelesaikan 30 juz.

2. Menggunakan jumlah lembar di setiap juz Al-Quran

Cara khatam Alquran di bulan Ramadhan lainnya yaitu dengan menggunakan jumlah lembar dalam juz Alquran. Jika dinilai membaca 1 juz secara langsung terlalu berat, maka Anda bisa membaginya menjadi beberapa kali dalam sehari.

Umumnya, 1 juz Alquran terdapat 9 hingga 10 lembar, maka Anda bisa membaginya menjadi 5 kali sesuai dengan waktu sholat. Jadwal khatam Alquran Ramadhan bisa dibuat setelah sholat membaca 2 lembar, maka dalam sehari Anda menyelesaikan 1 juz.

3. Menggunakan jumlah lembar dalam Alquran

Umumnya, 1 mushaf Alquran terdapat 604 halaman atau lembar. Jika bulan Ramadhan 29 hari, maka setiap hari Anda bisa membaca 21 sampai 22 halaman. Untuk waktu membacanya bisa disesuaikan dengan kesibukan sehari-hari. Anda dapat membacanya setelah shalat wajib atau saat memiliki waktu luang di tengah-tengah pekerjaan.

4. Membaca 1,5 – 2 juz setiap harinya

Tips Khatam Al-Quran yang terakhir yakni bagi para perempuan, biasanya tidak bisa puasa 30 hari penuh karena harus melalui masa haid. Maka dari itu, jika ingin mengkhatamkan Alquran, sebaiknya membaca 1,5 hingga 2 juz setiap harinya. Dengan demikian, bisa khatam Alquran di bulan Ramadhan tepat waktu.

Itulah beberapa tips khatam Al-Quran di bulan Ramadhan. Anda juga bisa membuat strategi sendiri yang sesuai dengan diri Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper