Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Syarat dan Rukun Puasa Ramadan yang Wajib Diketahui

Puasa Ramadhan adalah ibadah yang dijalankan umat Islam satu tahun sekali setiap bulan Ramadhan. Berikut syarat dan rukun puasa yang perlu diketahui.
Syarat dan Rukun Puasa Ramadhan yang Wajib Dipelajari (freepik)
Syarat dan Rukun Puasa Ramadhan yang Wajib Dipelajari (freepik)

Bisnis.com, JAKARTA - Puasa Ramadhan 1444 H segera tiba. Umat muslim diwajibkan berpuasa di bulan Ramadhan.

Puasa mengajarkan kesabaran karena ibadah ini mengharuskan seseorang menahan diri atas segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa, seperti makan, minum, dan masih banyak lagi. 

Ibadah puasa Ramadhan memiliki syarat dan rukun puasa. Seseorang yang berpuasa perlu mengetahui hal tersebut, berikut ini penjelasan mengenai rukun dan syarat puasa Ramadhan. 

Syarat dan Rukun Puasa Ramadhan

Syarat puasa Ramadhan terbagi atas syarat wajib dan syarat sah. Syarat wajib puasa Ramadhan adalah syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan ibadah puasa Ramadhan. Syarat sah adalah syarat yang dipenuhi agar puasa tersebut dinilai sah dan mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT. 

Sementara itu, rukun puasa Ramadhan adalah hal-hal yang harus dilakukan dalam sebuah ibadah. Berikut ini akan dijelaskan mengenai syarat wajib, sah, dan rukun puasa Ramadhan. 

Syarat Wajib Puasa Ramadhan

  • Islam

Syarat wajib puasa Ramadhan yang utama yaitu harus beragama islam. Seorang muslim dan muslimah wajib menjalankan puasa Ramadhan sebab puasa Ramadhan termasuk ke dalam rukun Islam.

  • Baligh

Anak-anak tidak wajib puasa di bulan Ramadhan. Sementara itu, orang yang sudah baligh wajib menjalankan puasa Ramadhan. Baligh artinya sudah dewasa ditandai keluar air mani dari kemaluan baik dalam keadaan tidur ataupun terjaga, untuk laki-laki. 

Seorang perempuan dikatakan baligh apabila sudah haid. Puasa wajib dijalankan oleh orang yang sudah baligh dengan syarat, keluarnya air mani dan haid pada batas usia minimal 9 tahun. Bagi yang belum keluar air mani dan haid, maka baligh pada usia 15 tahun dari usia kelahirannya. 

  • Berakal sehat

Seseorang yang berakal sehat, sadar, dan tidak cacat mental sudah wajib melakukan ibadah puasa Ramadhan. Apabila seseorang tidak sadar karena mabuk dengan sengaja, maka puasa Ramadhan wajib untuk diganti dengan puasa qadha atau puasa ganti.

  • Mampu

Syarat wajib puasa Ramadhan yaitu mampu. Seorang muslim yang baligh dan berakal, harus juga mampu atau kuat menjalani ibadah puasa Ramadhan. Apabila tidak mampu menjalankannya, maka wajib mengganti puasa Ramadhan dengan puasa qadha atau dengan membayar fidyah. 

  • Mengetahui awal bulan Ramadhan

Apabila ada salah satu orang terpercaya yang mengetahui awal bulan Ramadhan dengan melihat hilal, maka muslim yang ada dalam satu wilayah dengannya wajib menjalankan puasa Ramadhan. 

Syarat Sah Puasa Ramadhan

  • Islam

Puasa Ramadhan sah dilakukan oleh orang islam dan mualaf. Adapun orang yang keluar dari agama islam atau murtad, puasanya tidak sah. Orang non-muslim juga tidak sah melakukan puasa Ramadhan.

  • Menahan diri dari yang membatalkan puasa

Ketika berpuasa Ramadhan, seseorang harus mampu menahan diri atas segala perkara yang membatalkan puasa. Apabila melanggar, maka harus menggantinya dengan puasa qadha. 

  • Suci dari haid dan nifas

Wanita yang sedang haid tidak sah puasanya. Begitu pula bagi wanita yang sedang nifas. Keduanya diperbolehkan untuk meninggalkan puasa, tetapi wajib menggantinya di hari lain selain bulan Ramadhan. 

  • Mumayyiz

Mumayyiz artinya dapat membedakan baik dan buruk. Sifat mumayyiz sudah dimiliki oleh anak berusia 5 – 11 tahun. Maka dari itu, mereka sudah sah untuk menunaikan puasa. Meskipun begitu, orang tua wajib melatih anaknya untuk berpuasa sejak dini. 

  • Niat

Niat termasuk ke dalam syarat sah puasa Ramadhan. Tanpanya, suatu ibadah tidak dinilai sah. 

Rukun Puasa Ramadhan

  • Niat

Niat puasa Ramadhan harus sudah diucapkan dalam hati pada malam hari dan wajib menjelaskan kefardhuannya dalam niat tersebut, seperti ‘saya niat puasa fardhu bulan Ramadhan karena Allah Ta’ala’.

  • Menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan

Puasa adalah ibadah yang mengharuskan seseorang menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper