Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ngerinya Spek EMB-314 Super Tucano, Pesawat Tempur TNI AU yang Siap Unjuk Gigi di Biak

TNI AU diam-diam telah mendatangkan empat pesawat tempur EMB-314 Super Tucano ke Biak.
EMB-314 Super Tucano milik TNI AU
EMB-314 Super Tucano milik TNI AU

Bisnis.com, SOLO - TNI AU diam-diam telah mendatangkan pesawat tempur EMB-314 Super Tucano di Biak pada Rabu, 15 Maret 2023.

Empat pesawat tempur EMB-314 Super Tucano terbang dari Skadron Udara 21 Lanud Abdurrahman Saleh (Abd) mendarat dengan sempurna di Lanud Manuhua Biak.

Kedatangan 4 pesawat tempur EMB-314 Super Tucano milik TNI AU ini dalam rangka mendukung kegiatan latihan Cakra D-23 TA. 2023.

Latihan ini dilaksanakan oleh Kosek III Biak selama tiga hari kedepan. Pesawat tempur EMB-314 Super Tucano baru akan kembali ke home base pada hari minggu.

Latihan Cakra D-23 ini dilaksanakan untuk memperkuat eksitensi TNI AU dalam mengawal keamanan Dirgantara Indonesia, khususnya diwilayah Papua.

Pesawat tempur EMB-314 Super Tucano memang bukan alutsista baru buat Indonesia.

RI sudah lama menggunakan pesawat tempur buatan Brasil ini sejak tahun 2012. EMB-314 Super Tucano bukan benar-benar untuk bertempur tapi hanya untuk berlatih tempur, meski demikian spesifikasinya ngeri.

Dari desainnya, pesawat ini sangat pas untuk mendukung misi-misi pengintaian, close air support, dan penumpasan pemberontak.

Hal tersebut lantaran EMB-314 Super Tucano merupakan pesawat tempur ringan bermesin turboprop.

Walaupun "hanya" pesawat latihan, namun EMB-314 Super Tucano telah dilengkapi dengan mesin Hartzell 5-blade dan Pratt & Whitney Canada PT6A-68C turboprop yang masing-masing berkuatan 1.196 kW.

EMB-314 Super Tucano dibekali sistem avionik MIL-STD-1553 seperti yang digunakan jet tempur AS modern lainnya, seperti F-16 Falcon, F-18 Hornet, AH-64 Apache, P-3C Orion, F-15 Eagle and F-20 Tigershark.

EMB-314 Super Tucano sejatinya merupakan pesawat latih lanjut yang berkemampuan counter insurgency atau pesawat anti perang gerilya.

Indonesia memiliki 16 pesawat EMB-314 Super Tucano yang dibeli Pemerintah Indonesia dari Brasil pada 2012 lalu yang di tempatkan di Skadron 21 Abd Malang.

Armada ini bertugas menggantikan pesawat OV-10F Bronco yang kini telah di grounded karena usianya yang tua.

EMB-314 Super Tucano terdiri dari dua versi, tipe A-29ALX (kursi tunggal) dan AT-29B (kursi ganda). Khusus versi kursi ganda juga dapat digunakan sebagai elemen pesawat latih lanjut, dan versi inilah yang dimiliki oleh TNI AU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper