Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa Isra Mi'raj untuk Kabulkan Segala Hajat

Ini doa yang dapat Anda amalkan saat isra miraj 27 rajab agar doa dikabulkan
ilustrasi doa isra mi'taj
ilustrasi doa isra mi'taj

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu hal yang sangat dianjurkan di bulan Rajab dan isra mi'raj adalah memperbanyak berdoa kepada Allah swt.

Sebab, bulan ini merupakan salah satu bulan yang sangat dimuliakan dalam Islam, hal itu karena terdapat salah satu peristiwa luar biasa yang terjadi di dalamnya, yaitu Isra dan Mi’raj.

Menurut banyak pendapat, isra mi'raj terjadi pada bulan Rajab, tepatnya pada malam Sabtu, tanggal 27 Rajab tahun kesepuluh setelah kenabian (nubuwah).

Salah satu amaliah yang dapat dilakukan pada malam 27 Rajab adalah berdoa kepada Allah swt, dengan salah satu doa telah dijelaskan oleh Syekh Muhammad bin Abdullah bin Hasan al-Halabi al-Qadiri.

Dikutip dari NU online, dalam kitabnya beliau menjelaskan bahwa doa berikut memiliki khasiat yang sangat luar biasa berikut ini

mn kra bhtha aldaaaaa lyl alsabaa oalaashryn mn rgb thm ysal allh hagth fanha tkd bathn allh

Artinya, “Barang siapa yang membaca doa ini pada malam 27 Rajab, kemudian meminta kepada Allah (untuk dipenuhi) kebutuhannya, maka akan dipenuhi kebutuhannya dengan izin Allah.” (Abdullah al-Halabi, Nurul Anwar wa Kanzul Abrar fi Dzikris Shalati ‘alan Nabi al-Mukhtar, [Beirut, Darul Kutub Ilmiah: tt], halaman 38).

Sedangkan teks doanya adalah sebagai berikut: 

allhm any asalk bmshahd asrar almhbyn obalkhlo alty khsst bha syd almrslyn hyn asryt bh lyl alsabaa oalaashryn an trhm klby alhzyn otgyb daaoty ya akrm alakrmyn

Allahumma inni as’aluka bi musyahadati asraril muhibbin, wa bil khalwatil lati khashshashta biha sayyidal mursalin hina asraita bihi lailatas sabi’i wal ‘isyrin an tarhama qalbiyal hazina wa tujiba da‘wati ya akramal akramin.

Artinya, “Ya Allah, dengan keagungan diperlihatkannya rahasia-rahasia orang-orang pecinta, dan dengan kemuliaan khalwat (menyendiri) yang hanya Engkau khususkan kepada pimpinan para rasul, ketika Engkau memperjalankannya pada malam 27 Rajab, sungguh aku memohon kepada-Mu agar Kaumerahmati hatiku yang sedih dan Kau mengabulkan doa-doaku, wahai Yang Maha Memiliki kedermawanan.”

Faedahnya Syekh Abdurrahman bin Abdussalam as-Syafi’i dalam salah satu kitabnya menjelaskan faedah dari doa tersebut, beliau mengatakan bahwa siapa saja yang membacanya pada tanggal 27 Rajab, kemudian menyebutkan hajatnya kepada Allah, maka Dia akan mengabulkan segala hajatnya.

Selain itu, melapangkan urusannya, dan menghidupkan hatinya ketika hati-hati manusia sudah mulai mati. 

Sedangkan tata cara pembacaannya adalah sebagai berikut, Pertama, shalat sunnah dua rakaat sebagaimana shalat sunnah pada umumnya.

Kemudian membaca surat Al-Ikhlas setelah membaca surat Al-Fatihah di rakaat pertama dan kedua. Kedua, membaca shalawat kepada Nabi Muhammad sebanyak 10 kali.

Ketiga, membaca doa tersebut, kemudian menyebutkan segala hajat-hajatnya. Demikian penjelasan perihal doa 27 Rajab, mulai dari faedah dan tata caranya. Semoga bisa bermanfaat dan semua hajat dipenuhi oleh Allah swt.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper