Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ibu Eliezer Minta Keadilan, Jokowi Pastikan Tidak Intervensi Proses Hukum

Jokowi memastikan tidak mengintervensi proses hukum yang berjalan, termasuk dalam kasus yang melibatkan eks kadiv propam Ferdy Sambo
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 24 Januari 2023  |  15:43 WIB
Ibu Eliezer Minta Keadilan, Jokowi Pastikan Tidak Intervensi Proses Hukum
Ibu Eliezer Minta Keadilan, Jokowi Pastikan Tidak Intervensi Proses Hukum - Setpres
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai permohonan dari Rynecke Alma Pudihang yang meminta keadilan atas tuntutan penjara 12 tahun terhadap anaknya yaitu Richard Eliezer Pudihang Lumiu.

Kepala Negara menyampaikan bahwa dirinya tak bisa melakukan tindakan intervensi terhadap proses hukum yang sedang berjalan dalam kasus pembunuhan yang dilakukan oleh eks Kadiv Propam Ferdy Sambo.

“Saya tidak bisa mengintervensi proses hukum yang sedang berjalan,” ujarnya kepada wartawan usai meninjau Proyek Pembangunan Sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT), Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023).

Lebih lanjut, Jokowi juga menegaskan, tak hanya kasus Sambo, Presiden tidak bisa melakukan intervensi apapun terhadap seluruh kasus hukum yang ada.

"Tetap, kita harus hormati proses hukum di lembaga-lembaga Negara yang sedang berjalan," pungkas Jokowi.

Sekadar informasi, Eliezer menjadi terdakwa terakhir dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua, di mana pada akhirnya eksekutor yang menembak Yosua hingga tewas ini harus dituntut 12 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum.

Kendati demikian, tuntutan tersebut justru menimbulkan kontroversi, sebab pengajuan tuntutan jaksa selama 12 tahun penjara dinilai terlalu tinggi apalagi status Richard juga merupakan justice collaborator yang menjadi kunci untuk menyelesaikan kasus yang terus menjadi perhatian seluruh masyarakat Tanah Air ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Bharada E Ferdy Sambo Pembunuhan Brigadir J
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top