Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa, Segini Besaran Uang Saku Magang BUMN 2023

Tidak mendapat gaji, peserta Magang Generasi Bertalenta (Magenta) BUMN 2023 tetap mendapat uang saku.
Menteri BUMN Erick Thohir memberikan sambutan saat acara pelepasan tim Jelajah BUMN 2022 di Jakarta, Rabu (14/9/2022). Bisnis/Arief Hermawan P
Menteri BUMN Erick Thohir memberikan sambutan saat acara pelepasan tim Jelajah BUMN 2022 di Jakarta, Rabu (14/9/2022). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, SOLO - Program Magang Generasi Bertalenta (Magenta) 2023 resmi dibuka pendaftarannya oleh BUMN pada Senin (16/1/2023). 

"Halo #SobatBUMN dan #SobatFHCI ! Sebentar lagi, akan ada program baru lho dari Kementerian BUMN dan FHCI, buat kamu yang sedang mencari peluang untuk magang," tulis Kementerian BUMN di akun Instagram resminya pada Sabtu (14/1).

Magenta sendiri merupakan magang bersertifikat terpadu yang diperuntukkan bagi pelajar, santri, mahasiswa, hingga fresh graduate.

Dalam program ini, mereka yang mendaftar berkesempatan untuk menerapkan semua ilmu yang sudah didapat dengan cara mempraktikkannya secara langsung di dunia kerja.

Melansir dari situs resmi Magenta, magang ini memiliki empat program yakni Magang Umum, Magang Santri, Kampus Merdeka @BUMN, dan Indonesia Global Talent Internship.

Magang Umum adalah program magang yang terintegrasi dan menjadi bentuk enhancement dari magang-magang BUMN non-SKS yang sebelumnya dijalankan secara mandiri oleh masing-masing BUMN.

Program ini memiliki durasi magang yang variatif mulai dari 1-12 bulan dan dapat diikuti oleh siswa dan mahasiswa aktif, termasuk fresh graduate.

Sementara Magang Santri diperuntukkan bagi mahasiswa atau santri berstatus aktif dengan syarat minimal semester 5 untuk diploma dan semester 7 untuk S-1 dari universitas Islam atau pesantren setingkat.

Sedangkan program Indonesia Global Talent Internship yang terbuka bagi mahasiswa aktif pada jenjang S2 atau S3 mancanegara. Khusus untuk program ini dapat masuk ke dalam lingkungan kerja BUMN dan berkontribusi langsung pada proyek atau riset di area strategis BUMN.

Berapa uang saku Magang BUMN 2023?

Bagi peserta magang Magenta 2023, tidak akan mendapatkan gaji seperti pegawai lainnya. Namun peserta tetap mendapat uang saku. 

Besaran uang saku tersebut berbeda-beda tergantung dari kebijakan masing-masing BUMN yang diikuti. Selain itu, uang saku juga dipertimbangkan dari lamanya magang. 

Syarat mendaftar Magang BUMN 2023 

  • Foto e-KTP
  • Transkrip akademik
  • Curriculum Vitae (CV)
  • Surat Keterangan sebagai Mahasiswa Aktif

Pendaftaran Program MAGENTA BUMN dibuka mulai Senin, 16 Januari 2023 hingga 22 Januari 2023. Pendaftarannya dilakukan secara online dan tidak dipungut biaya apapun.

Bagi Anda yang tertarik, dapat langsung melakukan pendaftaran melalui magenta.fhcibumn.com. Seleksi dan pengumuman magang akan dilakukan pada 23-27 Januari 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper