Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasti Lolos! Ini 6 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Daftar Magang Kampus Merdeka

Ini 6 hal yang harus disiapkan para mahasiswa untuk bisa ikut program MSIB atau Magang Bersertifikat Kampus Merdeka.
Hal yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti program magang di Kampus Merdeka / kemdikbud.go.id
Hal yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti program magang di Kampus Merdeka / kemdikbud.go.id

Bisnis.com, JAKARTA -  Magang dan Studi Independen (MSIB) atau Magang Bersertifikat Kampus Merdeka merupakan program yang diawasi langsung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) selama satu semester.

Adapun program Magang Merdeka bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa di seluruh Indonesia baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk secara langsung menerapkan ilmu yang didapatkan dari kampus ke dalam dunia kerja, sehingga memiliki persiapan karier di masa depan.

Sementara itu, mahasiswa yang mengikuti program Studi Independen akan menjalankan proyek penelitian dengan studi kasus tertentu sesuai dengan ketentuan dari Industri yang dipilih bersama dengan para pakarnya langsung selama satu semester.

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Magang

Nah, berkaitan dengan itu agar mendapatkan hasil yang maksimal kamu perlu mengetahui 6 hal penting yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti program MSIB dari Kampus Merdeka. Dikutip dari laman vokasi.kemendikbud.go.id, berikut  hal-hal yang perlu dipersiapkan.

1. Pastikan Dukungan dari Kampus

Sebelum mendaftar, kamu perlu memastikan bahwa mendapatkan dukungan dari kampus sebab hal ini berkaitan dengan konversi kegiatan MSIB dengan SKS di kampus. Oleh sebab itu, diskusikan kegiatan ini dengan kepala prodi kampus atau dosen yang menjadi PIC atau koordinator kampus selama program MSIB berlangsung. Perlu diketahui bahwa jumlah SKS yang dapat dikonversi adalah sebanyak 20 SKS.

2. Pastikan Kriteria Keikutsertaan

Untuk mendaftar program MSIB pastikan kamu memenuhi kriteria pendaftar. Terkait hal ini, dapat dilihat pada website kampusmerdeka.kemendikbud.go.id.

3. Mengetahui Minat dan Bakat

Hal penting berikutnya yang perlu diperhatikan ialah mengetahui minat dan bakat. Dengan mengetahui minat dan bakat, memudahkan kamu untuk memilih bidang MSIB yang sesuai dengan apa yang kamu gemari. Pastikan minat dan bakat yang ditentukan sejalur dengan jurusan kuliah yang kamu  ambil di kampus.

4. Pahami Alur Seleksi

Penting bagi kamu untuk mengetahui serta memahami alur seleksi MSIB, sehingga kamu tidak salah melangkah bahkan ketinggalan informasi penting.

5. Mempersiapkan Dokumen

Selanjutnya kamu harus mempersiapkan beberapa dokumen sebagai syarat pendaftaran program MSIB. Dokumen-dokumen tersebut berupa CV, transkip nilai, KTP, surat rekomendasi, sertifikat organisasi, dan sebagainya. Sebuah saran, sebaiknya kamu membuat CV ATS yang bagus sehingga mampu menarik perhatian HRD perusahaan yang dituju.

6. Pastikan Kredibilitas Perusahaan

Yang terakhir dan tak kalah pentingnya, kamu perlu mencari tahu kredibilitas perusahaan yang akan dipilih. Untuk mengetahuinya, dapat dilihat pada daftar perusahaan yang ada pada laman kampus Merdeka. Cari tahu budaya kerja perusahaan tersebut, visi misi, bidang usahanya, prestasi perusahaan, termasuk apakah mereka sudah pernah bergabung dengan program MSIB atau program lainnya. 

(Maria Hermina Kristin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper