Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak, Peta Bahaya Gempa Bumi di Cianjur

Di wilayah Cianjur Jawa Barat ada peta bahaya gempa bumi menurut BMKG
Sebanyak 90 personel  dan peralatan pendukung termasuk anjing pelacak diterjunkan ke titik pencarian di Kampung Cugenang RT 02, Kampung Rawa Cina Desa Nagrak, Kampung Salakawung Desa Sarampat, dan di Warung Sate Sinta, Kamia (24/11/2022). JIBI/Bisnis-Nancy Junita @bnpbrnrn
Sebanyak 90 personel dan peralatan pendukung termasuk anjing pelacak diterjunkan ke titik pencarian di Kampung Cugenang RT 02, Kampung Rawa Cina Desa Nagrak, Kampung Salakawung Desa Sarampat, dan di Warung Sate Sinta, Kamia (24/11/2022). JIBI/Bisnis-Nancy Junita @bnpbrnrn

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membagi peta bahaya gempa bumi yang terjadi di Cianjur.

Hingga saat ini, gempa susulan memang masih terjadi di salah satu kabupaten di Jawa Barat tersebut, pasca gempa utama yang menimbulkan ratusan orang meninggal dunia.

Kepala Mitigasi Gempa dan Bencana BMKG menjelaskan berikut 3 peta bahaya gempa bumi di Cianjur

Peta Bahaya Gempabumi Cianjur

1. Zona Terlarang (Merah):

Meliputi Zona Sempadan Patahan Aktif Cugenang 0-10 meter, yang merupakan zona kerentanan sangat tinggi terhadap deformasi tanah dan getaran gempa, dan/atau zona kerentanan tinggi terhadap gerakan tanah (longsor). Zona ini direkomendasikan menjadi zona yang harus dikosongkan/direlokasi, dilarang pembangunan kembali dan pembangunan baru. Zona ini diprioritaskan pemanfaaan ruang untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH), monumen, atau kawasan lindung.

2. Zona Terbatas (Oranye)

Meliputi Zona Sempadan Patahan Aktif Cugenang lebih dari 10 meter – 1 km, yang merupakan zona kerentanan tinggi terhadap deformasi tanah dan getaran gempa, dan/atau zona kerentanan menengah terhadap gerakan tanah (longsor). Zona ini direkomendasikan dapat dibangun konstruksi dengan penerapan persyaratan yang sangat ketat untuk Standar Bangunan Tahan Gempa dan/atau Tahan Gerakan Tanah.

3. Zona Bersyarat (Kuning)

Meliputi Sempadan Patahan Aktif Cugenang lebih dari 1 km, yang merupakan zona kerentanan menengah hingga rendah terhadap deformasi tanah dan getaran gempa, dan/atau zona kerentanan rendah hingga sangat rendah (aman) terhadap gerakan tanah (longsor). Zona ini direkomendasikan dapat dibangun dengan konstruksi tahan gempa dan/atau tahan gerakan tanah/longsor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper