Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Video Detik-Detik Terjadinya Gempa Garut, Getaran Terasa hingga Yogyakarta

 Gempa terjadi di barat daya Kabupaten Garut, Jawa Barat dengan magnitudo 6,4. Gempa itu terasa di Ciamis, Tasikmalaya, hingga ibu kota Jakarta.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 03 Desember 2022  |  19:49 WIB
Video Detik-Detik Terjadinya Gempa Garut, Getaran Terasa hingga Yogyakarta
Gempa Garut berkekuatan Magnitudo 6,4 hari ini, Sabtu (3/12/2022), terasa hingga Jakarta dan sekitarnya. - BMKG
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Beredar video detik-detik terjadinya gempa di Garut hari ini, Sabtu (3/12/2022) di media sosial.

Sebuah video diposting oleh akun TikTok @wadi688 yang menunjukkan rekaman detik-detik terjadinya guncangan gempa di Garut. Video ini merupakan hasil rekaman dari CCTV di rumahnya.

Dalam video tersebut, terlihat guncangan gempa dengan magnitudo 6,4 tersebut sangat dahsyat hingga layar rekaman bergetar hebat. Salah seorang dalam video tersebut langsung lari keluar ruangan begitu getaran terasa.

Video lain juga diunggah oleh akun Twitter @ariemustari25. Dia mengungga video saat gempa berlangsung. Dalam videonya, terlihat air di dalam kolam yang bergolak hingga tumpah akibat guncangan gempa.

“Gempa Bumi Garut terasa kencng di daerah Purwadadi-Ciamis,” ungkapnya di postingan tersebut.

 Gempa terjadi di barat daya Kabupaten Garut, Jawa Barat dengan magnitudo 6,4. Gempa itu terasa di Ciamis, Tasikmalaya, hingga ibu kota Jakarta.

Berdasarkan keterangan Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 16.49 WIB. Guncangan berlangsung cukup lama sehingga gempa terasa di banyak wilayah.

“[Gempa] dirasakan [skala MMI] IV di Garut, III di Ciamis, III di Kalapanunggal, III di Sumur, III di Tasik, II—III di Pamoyanan, II—III di Panimbang,” dikutip dari cuitan Twitter BMKG pada Sabtu (3/12/2022).

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,44° LS ; 107,51° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Mekarmukti, Garut, Jawa Barat pada kedalaman 109 km.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Garut dengan skala intensitas IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Soreang, Kopo, Kalapanunggal, Sumur, Ciamis, Tasikmalaya dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

Sementara wilayah Sumedang, Lembang, Pamoyanan, Panimbang,  Cikeusik, Labuan, Purworejo, Bantul, Kulonprogo dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang), Cikembar, Cugenang, Palabuhan Ratu, Bandung, Bogor, Cilacap, Sawarna, Cireunghas, Bojong, Yogyakarta, Wonosobo, Karangkates, Trenggalek dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis, gempa pun turut dirasakan di Jakarta, Bogor, Cianjur, dan Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gempa Garut gempa gempa bumi twitter TikTok
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top