Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesan Jokowi di Hari Pahlawan: Generasi Penerus akan Setia Jaga Kemerdekaan

Jokowi menyampaikan ucapan selamat Hari Pahlawan dan berpesan kepada generasi muda untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan.
Pesan Jokowi di Hari Pahlawan: Generasi Penerus akan Setia Jaga Kemerdekaan / setkab.go.id
Pesan Jokowi di Hari Pahlawan: Generasi Penerus akan Setia Jaga Kemerdekaan / setkab.go.id

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat Hari Pahlawan. Kepala Negara menegaskan bahwa pengorbanan para pejuang yang membuat Indonesia eksis hingga hari ini tidak akan sia-sia.

"Pengorbanan para pejuang yang bertaruh nyawa untuk tegak dan berdirinya Republik Indonesia yang kita cintai ini takkan sia-sia," katanya, dikutip melalui akun Instagram @jokowi, Kamis (10/11/2022).

Lebih lanjut, Jokowi memastikan bahwa generasi penerus akan setia menjaga kemerdekaan Indonesia. Bahkan, menurutnya, generasi penurus para pahlawan akan memajukan Indonesia.

"Generasi penerus para pahlawan akan tetap setia menjaga kemerdekaan, mengisinya dengan pembangunan, dan melajukan negara ini ke arah kemajuan," ujarnya.

Untuk diketahui, Hari Pahlawan diperingati setiap tahunnya pada 10 November. Adapun, pada tahun ini, Hari Pahlawan jatuh pada Kamis (10/11/2022) dengan tema Hari Pahlawan 2022 adalah Pahlawanku, Teladanku.

Dikutip melalui laman Kementerian Sosial (Kemensos), tema ini memiliki harapan agar perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk meneruskan pembangunan dan mengisi kemerdekaan.

Apalagi, diyakini bahwa setiap orang dapat memberikan kontribusi bagi bangsa sesuai kemampuan, keahlian, dan keterampilan masing-masing tanpa harus dengan mengangkat senjata.

Menyambut hari besar nasional Indonesia itu, Kemensos juga mengimbau kantor Kementerian dan Lembaga untuk turut memperingati Hari Pahlawan untuk menyelenggarakan Upacara Hari Pahlawan 2022.

Mengacu pada Surat Menteri Sosial Nomor S-86/MS/B/PB.06.00/11/2022 yang ditandatangani oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini (4/11/2022), terdapat beberapa imbauan Upacara Hari Pahlawan 2022 mulai dari mengibarkan bendera merah putih, mengheningkan cipta selama 60 detik, menggunakan logo Hari Pahlawan 2022, dan enyelenggarakan upacara bendera di masing-masing instansi

Sementara itu, sejarah penetapan Hari Pahlawan yang diperingati tiap 10 November dimulai lantaran pada 77 tahun yang lalu, tepatnya pada 10 November 1945 terjadi pertempuran besar antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Inggris di Surabaya.

Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan menjadi satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper