Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Retno Marsudi Pastikan WNI Korban di Tragedi Itaewon Sudah Pulang dari RS

Menlu RI Retno Marsudi menyampaikan bahwa WNI korban di Itaewon sudah kembali ke kediaman masing-masing.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 31 Oktober 2022  |  16:59 WIB
Retno Marsudi Pastikan WNI Korban di Tragedi Itaewon Sudah Pulang dari RS
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi /ANTARA FOTO - Hafidz Mubarak A
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan bahwa dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban tragedi Halloween di Distrik Itaewon, Seoul, Korea Selatan (Korsel) dipastikan sudah kembali ke kediaman masing-masing.

"Kami menerima informasi ada 2 warga negara kita yang luka ringan dan pada saat dilakukan pengecekan keduanya sudah tidak berada di rumah sakit, sudah kembali ke tempatnya masing-masing," ujarnyadi Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (31/10/2022).

Meski begitu, Retno pun memastikan bahwa pemerintah melalui Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) dan Dubes Indonesia di Korea akan terus memantau para WNI usai tragedi Itaewon.

"Tentunya direktur PWNI bersama dengan dubes kita di Seoul dan timnya terus melakukan pemantauan sekiranya ada informasi lain," tuturnya.

Retno mengaku telah menyampaikan ucapan duka citanya atas tragedi Halloween tersebut.

"Untuk Halloween saya sudah sampaikan duka cita baik melalui Twitter maupun saya langsung berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri Korsel dan juga dengan Dubes Korsel yang ada di Indonesia di awal-awal peristiwa," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut mengucapkan rasa belasungkawa atas tragedi pesta Halloween di distrik Itaewon, Korea Selatan. Jokowi mengaku sedih atas tragedi yang terjadi di Kota Seoul tersebut.

"Belasungkawa terdalam saya kepada mereka yang kehilangan orang yang mereka cintai," kata Jokowi dikutip dari akun twitter-nya @jokowi, Minggu (30/10).

Menurut Jokowi Indonesia turut berduka cita atas tragedi yang menewaskan 150 orang itu. Dia juga berharap para pihak yang terdampak dapat segera pulih.

"Indonesia berduka bersama rakyat Korea Selatan dan berharap mereka yang terluka cepat pulih," katanya.

Menurut catatan Bisnis, Pemerintah kota metropolitan Seoul, Korea Selatan, mengatakan telah menerima 355 laporan orang hilang terkait dengan tragedi pesta Halloween di distrik Itaewon.

Markas Besar Penanggulangan Bencana dan Keselamatan Kota Seoul melaporkan bahwa pusat layanan masyarakat Hannam-dong telah menerima 44 laporan langsung dan 411 panggilan dengan total 355 laporan orang hilang hingga saat ini.

Dikutip dari Korea Times, Minggu (30/10) dilaporkan 151 orang tewas dan 82 lainnya terluka dalam kekacauan di distrik hiburan saat kerumunan besar berkumpul di jalan sempit untuk merayakan Halloween pada Sabtu malam, menurut otoritas kebakaran.

Diberitakan sebelumnya, pada Sabtu (29/10) malam beberapa laporan terkait lonjakan massa di Itaewon diterima ke Stasiun Pemadam Kebakaran Yongsan. Di sisi lain, ribuan orang telah berpartisipasi dalam perayaan Halloween di daerah tersebut.

Awalnya hanya 50 orang yang menunjukkan gejala sesak nafas dan henti jantung akibat berdesakan. Namun, tak berselang lama mereka terjatuh dan saling menimpa.

Kepala Pemadam Kebakaran Yongsan Choi Seong-beom melaporkan sedikitnya 19 warga asing dipastikan tewas terinjak-injak di distrik Itaewon selama perayaan Halloween. Warga asing tersebut berkebangsaan Iran, Uzbekistan, China dan Norwegia.

Sementara itu, Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto memastikan belum ada informasi dari kepolisian setempat terkait adanya warga Indonesia yang menjadi korban.

“Hingga pagi ini [Minggu (30/10/), informasi dari kepolisian menyebutkan belum diketahui adanya WNI yang menjadi korban,” kata Gandi dalam keterangan resmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenlu Tragedi Halloween Itaewon korsel
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top