Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Finlandia Susul Uni Eropa Tutup Perbatasan Untuk Turis Rusia

Finlandia menyusul Uni Eropa menutup perbatasannya bagi turis Rusia terkait pemanggilan tentara cadangan oleh Putin.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 30 September 2022  |  07:06 WIB
Finlandia Susul Uni Eropa Tutup Perbatasan Untuk Turis Rusia
Finlandia Susul Uni Eropa Tutup Perbatasan Untuk Turis Rusia. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Finlandia menutup perbatasannya untuk turis Rusia mulai hari ini, Jumat (30/9/2022). Dengan demikian, seluruh negara tetangga Uni Eropa resmi mengisolsi wisatawan asal Rusia.

Polandia, Estonia, Latvia, dan Lithuania semuanya telah menutup perbatasan mereka untuk turis Rusia ada awal bulan ini.

Meskipun demikian, warga Rusia masih diizinkan untuk mengunjungi keluarga atau untuk bekerja dan belajar di Finlandia, menurut Kementerian Luar Negeri Finlandia seperti dikutip BBC.com, Jumat (30/9).

Keputusan itu muncul setelah jumlah orang Rusia yang tiba di perbatasan melonjak menyusul panggilan 300.000 tentara cadangan untuk berperang melawan Ukraina oleh Presiden Vladimir Putin.

Antrian telah terbentuk di penyeberangan perbatasan ketika orang mencoba melarikan diri, termasuk antrean panjang di perbatasan Rusia ke Georgia, yang tidak memerlukan visa untuk bepergian.

Finlandia, yang berbagi perbatasan sepanjang 1.300 km (800 mil) dengan Rusia, juga melaporkan peningkatan orang yang mencoba melintasi perbatasan setelah mobilisasi parsial.

Berbicara pada hari Kamis, Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto mengatakan pada konferensi pers bahwa perintah mobilisasi memiliki dampak signifikan pada keputusannya.

"Keputusan itu bertujuan untuk sepenuhnya mencegah wisatawan Rusia saat ini ke Finlandia dan transit terkait melalui Finlandia," katanya.

Langkah ini mulai berlaku pada tengah malam dan juga melarang orang Rusia dengan visa turis Schengen memasuki negara itu.

Orang Rusia yang mengunjungi Finlandia sekarang perlu mengajukan permohonan visa terlebih dahulu di sebuah pusat layanan di Rusia dengan undangan baik dari kontak bisnis atau pribadi.

Awal bulan ini, Uni Eropa juga memutuskan untuk mempersulit warga Rusia untuk mendapatkan visa dengan menangguhkan kesepakatan visa antara UE dan Rusia.

Lebih dari satu juta orang Rusia telah melakukan perjalanan ke negara-negara Uni Eropa sejak invasi ke Ukraina pada Februari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

finlandia Rusia wisatawan uni eropa
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top