Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 5 Negara Islam Terbesar di Dunia, Indonesia Posisi Berapa?

Beberapa negara memiliki penduduk muslim terbesar di dunia, salah satunya Indonesia. Simak penjelasan lengkapnya negara islam terbesar di dunia.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 17 September 2022  |  09:49 WIB
Ini 5 Negara Islam Terbesar di Dunia, Indonesia Posisi Berapa?
Negara Islam terbesar di dunia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Islam merupakan salah satu agama dengan jumlah pengikut paling banyak di dunia. Meskipun memiliki banyak pengikut, orang islam tidak tersebar secara merata di seluruh dunia, tetapi hanya di beberapa negara saja. Karena itu, beberapa negara dapat dikategorikan sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak. 

World Population Review merilis daftar negara islam terbesar di dunia. Muslim merupakan sebutan untuk seseorang yang memeluk agama islam. Agama islam diciptakan di Mekah yang berada di Arab Saudi. Agama Islam berkembang pada abad ke 7 masehi. Perkembangan agama islam ini menyebar di Afrika Utara, Afrika Tengah, Timur Tengah hingga Asia Tenggara. 

Islam menjadi agama terbesar kedua di dunia. Sekitar 1,9 miliar orang yang memeluk agama islam. Beberapa negara bahkan hampir 50 persen penduduknya beragama islam. Saat ini, terdapat 50 negara mayoritas muslim di dunia. Pusat penelitian Pew melaporkan, terdapat sekitar 50 negara dengan mayoritas penduduk muslim. Negara muslim ini dihitung berdasarkan perkiraan usia, persentase pertumbuhan dan wilayah. 

Berikut ini adalah negara islam terbesar di dunia yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Indonesia 

Indonesia menjadi negara islam terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama islam mencapai 231 juta penduduk dan suatu saat akan bertambah lagi. Berdasarkan dari laporan The Royal Islamic  Studies Centre atau MABDA yang berjudul The Muslim 500 edisi 2022, ada 231,06 juta penduduk Indonesia yang beragama Islam. 

2. Pakistan 

Menurut Husain Haqqani dalam buku Pakistan Between Mosque and Military pada tahun 2005 menyebutkan Pakistan menjadi pusat global politik islam. Hal ini disebabkan islam merupakan agama terbesar di pakistan. 

Sementara itu, menurut World Population Review menempatkan negara Pakistan di posisi kedua, menyumbang 11,10 persen. Dengan populasi mencapai 293 juta jiwa. Dari jumlah tersebut 200,4 juta nya adalah pemeluk islam. 

3. Mesir 

Dari 103.334.440 jiwa, sebanyak 80 jiwa di antaranya adalah beragama islam dan menyumbang 4,90 persen populasi muslim di dunia. Mesir juga menjadi negara peradaban islam. Serta hingga saat ini peninggalan-peninggalan islam terdahulu juga masih tersimpan rapi di Mesir. Selain itu, saat ini Mesir diakui secara luas sebagai pusat budaya dan political utama di wilayah Arab dan Timur Tengah. 

4. Bangladesh 

Bangladesh memiliki 90,2 persen populasi muslim secara global dan islam menjadi agama terbesar di negara ini dengan penduduk Muslim sebanyak 153,7 juta penduduk dari 164 an juta penduduk. Bangladesh sendiri merupakan negara dekat dengan perbatasan antara India dan Pakistan. Maka tidak heran apabila Bangladesh menjadi negara yang memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. 

5. Turki 

Negara yang Sebagian besar wilayahnya di Asia ini, memiliki populasi muslim terbesar sebanyak 74 juta lebih atau dari jumlah penduduk sebesar 85 juta jiwa. Turki juga menjadi negara peradaban islam yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Di mana terkenal dengan Kesultanan Utsmaniyah. 

Itulah 5 negara islam terbesar di dunia yang perlu kamu tahu, semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara islam sejarah indonesia
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top