Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

RUU Sisdiknas, Guru PAUD dan Pesantren Dapat Tunjangan Profesi

Mendikbudristek menyampaikan bahwa guru PAUD, guru kesetaraan, serta guru pesantren akan menerima tunjangan profesi bila RUU Sisdiknas disahkan.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 13 September 2022  |  07:45 WIB
RUU Sisdiknas, Guru PAUD dan Pesantren Dapat Tunjangan Profesi
Pelatihan guru PAUD - pfizer
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyampaikan bahwa ratusan ribu guru PAUD, guru kesetaraan, serta guru pesantren, akan berkesempatan untuk menerima tunjangan profesi guru (TPG).

"Kalau RUU Sisdiknas ini digolkan, untuk pertama kalinya di Indonesia, guru-guru PAUD, pendidikan kesetaraan, dan pesantren diakui sebagai guru dan pada saat memenuhi syarat, mereka bisa juga menerima tunjangan," terang Nadiem dikutip dari kanal YouTube Kemendikbud RI, Selasa (13/9/2022).

Nadiem juga menyinggung tentang poin penting lainnya yang tertera dalam RUU Sisdiknas, yakni kesempatan para guru yang belum memiliki sertifikasi guru dari Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk bisa mendapatkan tunjangan yang layak.

Padahal, menurutnya, setiap guru yang telah memberikan pembelajaran, baik yang telah tersertifikasi maupun belum memiliki sertifikat, tentu berkesempatan untuk menerima tunjangan yang layak.

"Itu kenapa kita pagi, siang, malam berjuang untuk RUU Sisdiknas ini. Karena menurut kami di Kemendikbudristek, kalau orang itu bekerja sebagai guru, dia harus dapat tunjangan," terang Nadiem.

Menurut dia, segelintir perubahan dalam RUU Sisdiknas yang  disusun oleh Kemendikbudristek seharusnya menjadi 'kabar gembira' bagi berbagai pihak. Pasalnya, perubahan tersebut menjadi bentuk perjuangan dari pihaknya untuk dapat terus menyejahterakan profesi guru.

Nadiem juga menekankan bahwa pihaknya masih akan terus menerima masukan, saran, maupun kritik yang membangun terkait penyusunan RUU Sisdiknas.

Dia berharap, masyarakat juga dapat melihat RUU Sisdiknas ini sebagai hadiah untuk mensejahterakan guru, yang harus dirayakan dan didukung.

"Seperti mandat Pak Presiden, dalam RUU Sisdiknas ini kesejahteraan guru harus terjamin dan meningkat. Karena itulah RUU Sisdiknas ini harus dilihat oleh masyarakat sebagai suatu hadiah," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

RUU Sisdiknas tunjangan guru Nadiem Makarim
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top