Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Putin Telepon Jokowi, Bahas Pasokan Gandum hingga G20 Bali

Putin dan Jokowi juga membahas tentang persiapan KTT G20 di Bali, yang dijadwalkan pada November tahun ini.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 19 Agustus 2022  |  08:52 WIB
Putin Telepon Jokowi, Bahas Pasokan Gandum hingga G20 Bali
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) seusai usai menyampaikan pernyataan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). Presiden menyatakan siap menjadi jembatan komunikasi antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin agar kedua pihak mencapai perdamaian. ANTARA FOTO/BPMI-Laily Rachev - rwa.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan percakapan via telepon dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Rusia, dalam percakapan itu, mengucapkan selamat hari kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945 kepada Presiden Jokowi.

Putin juga mempertimbangkan isu-isu terkini terkait perkembangan hubungan Rusia-Indonesia, dengan fokus pada implementasi kesepakatan yang dicapai selama kunjungan Joko Widodo ke Rusia baru-baru ini.

“Termasuk promosi sejumlah proyek perdagangan dan ekonomi bilateral,” demikian keterangan resmi Kremlin yang dikutip, Jumat (19/8/2022).

Putin dan Jokowi, lanjut laporan Kremlin,  juga membahas ketahanan pangan global. “Vladimir Putin memberi tahu rekannya tentang upaya untuk menstabilkan situasi gandum dan pupuk global, yang telah dilakukan Rusia bersama dengan Turkiye dan Sekretariat PBB,” imbunya.

Selain itu, dengan mempertimbangkan Kepresidenan G20 Indonesia, Putin dan Jokowi juga membahas tentang persiapan KTT G20 di Bali, yang dijadwalkan pada November tahun ini.

Jokowi ke Moskow

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut pertemuanya secara bilateral dengan Presiden Indonesia Joko Widodo diselenggarakan secara substantif dan layaknya pertemuan bisnis.

Hal itu disampaikan oleh Putin saat memberikan keterangan kepada pers setelah bertemu dengan Jokowi, Kamis (30/6/2022), di Istana Kremlin, Moskow, Rusia. Jokowi bersama rombongan dari Indonesia melakukan kunjungan ke Rusia setelah sebelumnya mengunjungi Ukraina, Rabu (29/6/2022).

"Pembicaraan hari ini dengan Mr. Joko Widodo diadakan layaknya pertemuan bisnis dan berlangsung secara substantif," terang Putih, dikutip dari situs resmi Kremlin, Sabtu (2/7/2022).

Putin menyatakan senang bertemu dengan Jokowi yang mengunjungi Kremlin pertama kalinya. Sebelumnya, dua pemimpin negara telah bertemu beberapa kali di forum APEC, China pada 2014; KTT Rusia-ASEAN di Sochi pada 2016; dan di sela-sela East Asia Summit di Singapura pada 2018. Keduanya juga sudah melakukan percakapan via telepon pada 28 April 2022.  

"Kami senang menyambut Presiden Republik Indonesia ke Kremlin. Ini merupakan kunjungan pertama Mr. Joko Widodo sebagai Presiden. Kami senang menyambut anda," ucap Putin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vladimir putin Jokowi Rusia
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top