Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak Doa Agar Hati Tenang Lengkap, Demi Ketenangan Jiwa

Berikut ini doa agar hati tenang lengkap beserta amalannya, sehingga lebih tenang dalam menghadapi berbagai masalah.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 18 Agustus 2022  |  16:41 WIB
Simak Doa Agar Hati Tenang Lengkap, Demi Ketenangan Jiwa
Ilustrasi Doa Agar Hati Tenang Lengkap
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam hidupnya, setiap manusia tentu tidak melepaskan diri dari permasalahan dan cobaan yang dialami setiap hari. Setiap manusia yang mengalami masalah dan cobaan tentunya dapat membuat hati tidak tenang hingga mengalami kegelisahan. 

Doa penenang hati dan pikiran adalah bacaan yang diamalkan seorang mukmin saat mengalami kegelisahan dalam jiwanya. Baik dalam kondisi stress saat bekerja, menghadapi masalah ekonomi, atau pun masalah lainnya. Doa penenang hati ini juga sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT yang harus disertai dengan sikap Tawadhu dan juga kerendahan hati. 

Perasaan galau dan gelisah sebenarnya wajar terjadi pada manusia. Biasanya setiap orang memiliki cara sendiri untuk mengatasi kegalauan. Minum kopi atau mengonsumsi makanan manis bisa menjadi cara yang digunakan Sebagian orang untuk mengatasi kegelisahan hatinya. 

Dalam Islam, Ketika seseorang galau dianjurkan untuk shalat atau membaca Alquran. Ada juga doa-doa yang dibaca untuk menenangkan hati dan pikiran. Amalan doa ini dibaca agar hati terhindar dari stres, galau dan juga gelisah. 

Berikut beberapa doa penenang hati yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

1. Doa ketenangan hati

Rabbanaa afrigh ‘alainaa shabran wa tsabbit aqdamanaa wanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin

“Ya Tuhan kami, limpahkanlah atas diri kami, serta teguhkanlah pendirian kami serta tolonglah kami terhadap orang kafir”

2. Doa terhindar dari kecemasan

Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi , wal kasali, wal bukhii, wal jubni, wal dholaid daini, wa gholabatir rijali. 

“Ya Tuhanku, aku berlindung pada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kemalasan, dari kebatilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat)”

3. Doa ketenangan hati yang merasa cukup

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu bilio-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi’atho-ika 

“Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu” (HR Thabrani)

4. Doa dimudahkan segala urusan

Jika belum menemukan jalan keluar dari penyebab keresahan tersebut, ada baiknya kamu memanjatkan doa ketenangan hati pikiran kepada Allah SWT. Sebab, sebagai makhluk yang memiliki keterbatasan, hanya kepada Allah SWT umat Islam harus bergantung. 

Allahumma rahmataka arju fala takilni ila nafsi tharfaka ainin ashlihli syani kullahu lailaha illa anta

“Ya Allah, rahmat-Mu aku harapkan, maka janganlah Engkau bebankan pada diriku walau sekejap mata pun (urusan-urusan tersebut) dan perbaikilah segala urusanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau”

Amalan penenang hati

1. Bersabar

Dalam menghadapi masalah, usahakan untuk tetap sabar dalam menghadapinya, karena setiap masalah pasti memiliki jalan keluar. Sebagai penguat, Allah SWT berfirman “Sesungguhnya Allah Bersama orang-orang yang sabar” (QS Al-Baqarah :15:3). Ini pun juga harus dibarengi dengan mengamalkan doa dan membersihkan hati dan pikiran yang kotor. 

2. Membaca dan mendengarkan alquran

Ini akan menjadi salah satu obat mustajab untuk mengatasi masalah penyakit hati. Membaca alquran dengan baik, mendengarkannya dengan khusyuk maka pikiran akan semakin tenang, lebih jernih dan batin terasa lebih tentram. 

3. Mengerjakan sholat tahajud

Mendapat ketenangan hati tentunya akan didapatkan setelah melakukan amalan saleh. Dalam kondisi hening, sunyi dan tenang, mengerjakan salat tahajud membuat seseorang lebih khusyuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam sebuah hadis, seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW: “Salat manakan yang paling utama setelah salat wajib?” Rasulullah menjawab “Salat tahajud” (HR Muslim)

4. Membaca surat yasin

Ini juga menjadi amalan penenang hati, karena faedahnya adalah mendapatkan hati yang tenang. Setelah membaca surah yasin, dapat dianjurkan dengan membaca doa ketenangan hati agar perasaan gelisah dan keresahan hati dapat segera dihilangkan. Surat Yasin memiliki banyak keutamaan, salah satunya pembersih hati dan pikiran yang kotor. 

Itulah beberapa doa agar hati tenang serta amalan yang bisa kamu coba agar hati kamu tidak terus-terusan merasa gelisah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

doa kumpulan doa islam suasana hati
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top