Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa Sakit Gigi Sesuai dengan Ajaran Rasulullah SAW

Simak doa sakit gigi sesuai ajaran Rasulullah SAW yang bisa kamu terapkan, agar cepat sembuh.
Doa Sakit Gigi Sesuai dengan Ajaran Rasulullah SAW/istimewa
Doa Sakit Gigi Sesuai dengan Ajaran Rasulullah SAW/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah kamu pernah merasakan sakit gigi? Sakit gigi merupakan salah satu kondisi yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Tidak jarang, sakit gigi membuat seseorang untuk kesulitan makan, konsentrasi hingga susah tidur. Hal ini dikarenakan saat sedang merasakan sakit gigi seluruh anggota badan terasa sakit dan menimbulkan efek yang tidak nyaman. 

Sakit gigi dapat disebabkan karena berbagai hal, seperti sisa makanan di gigi berlubang, radang akar gigi atau gusi, gigi retak hingga abses gigi. Beberapa hal tersebut dapat menimbulkan rasa nyeri di sekitar gigi hingga menjalar ke bagian tubuh lainnya. 

Ketika mengalami sakit gigi, umat Muslim dianjurkan untuk berikhtiar dan berdoa kepada Allah. Salah satu ikhtiar yang dapat dilakukan saat sakit gigi adalah memperbanyak dzikir dan mencoba terapi air putih. 

Berikut ini doa sakit gigi yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

Doa sakit gigi 1: 

Dikutip dari buku Dasyatnya Doa & Dzikir terbitan Qultummedia, salah satu hadits doa sakit gigi adalah hadits yang diriwayatkan oleh Yazid bin Nuh bin Dzakwan berikut: 

Diriwayatkan Abdullah bin Rawwahah datang kepada Rasulullah mengeluh giginya sakit “Ya Rasulullah gigi gerahamku sedang sakit. Hal ini membuatku merasa terganggu dan sakitnya sudah sangat parah” 

Rasulullah kemudian meletakkan dengan beliau pada pipi Abdullah bin Rawwahah dan berdoa dengan mengucapkan dzikir berikut “Allahumma adzib ‘anhu su-a ma yajidu wa fuhsyahu bi da wati nabiyyikal mubarakil makini indaka” 

(Ya Allah, lenyapkanlah darinya keburukan yang ia rasakan, beserta kekejiannya dengan doa Nabi-Mu yang penuh berkah di siis-Mu) (HR. Baihaqi) dalam Riwayat ini, disebutkan bahwa Rasulullah membaca doa di atas sebanyak tujuh kali. Setelah itu, gigi yang di derita Abdullah bin Rawwahah sembuh. 

Doa sakit gigi 2: 

Rasulullah mengajarkan berbagai macam doa yang bisa diamalkan oleh umat Muslim. Berikut bacaan doa sakit gigi lainnya yang dikutip dari buku yang berjudul Doa-Doa Terbaik Sepanjang Masa oleh Ustad Ahmad Zacky El Syafa. 

“Bismillaahi wabillaahi as-aluka bi’izzatika wajaalika waquadratika a’laa kulli syai-in wainna maryama lam talid ghaira iisaa min ruuuhika wakalimatika an taksyifa maa talqaa faitima binta khadiijahta minadhdhurri kullihi”

(Dengan nama Allah, demi Allah memohon dengan kemuliaan-Mu dan kebesaranMu serta kekuasaanMu atas segala sesuatu. Sesungguhnya Maryam tidak melahirkan selain Isa yang berasal dari ruh-Mu dan kalimat-Mu (firman-Mu) aku memohon agar Engkau melenyapkan rasa sakit yang dirasa oleh Fatimah binti Khadijah semuanya) (HR. Humaidi)

Itulah doa sakit gigi yang dibaca oleh Rasulullah Ketika Fatimah, putrinya mengeluh sakit gigi. Rasulullah mengucapkannya sambal menempelkan tangan kanan beliau ke pipi Fatimah atau pada daerah gigi yang sakit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper