Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Doa Nabi Yunus Lengkap agar Terhindar dari Masalah Hidup

Doa Nabi Yunus merupakan salah satu doa yang banyak diamalkan saat tertimpa masalah berat, sehingga diharapkan dapat meringankannya.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 17 Agustus 2022  |  20:27 WIB
Doa Nabi Yunus Lengkap agar Terhindar dari Masalah Hidup
Ilustrasi doa nabi yunus - nu.or.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Nabi Yunus adalah seorang Nabi yang diuji oleh Allah SWT dengan cara ditelan oleh seekor paus. Pada kondisi mendesak, Nabi Yunus tetap percaya kepada Allah SWT sehingga memanjatkan doa kepada-Nya. Doa Nabi Yunus menjadi salah satu doa yang sering dipanjatkan karena mudah diijabah oleh Allah SWT. Kamu yang memiliki hajat atau keinginan bisa memanjatkan doa Nabi Yunus setelah selesai shalat. 

Diketahui semua umat islam pasti akan mendapat ujian dari Allah SWT. Cobaan atau masalah tersebut meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah ta’ala. Doa ini memiliki makna yang mendalam yakni suatu pujian dan bentuk cinta paling besar kepada Allah SWT dari hamba-Nya. 

Berikut ini doa Nabi Yunus yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Doa Nabi Yunus dalam Perut Paus

“laa ilaaha illa anta, subhanaka innii kuntu minaz zalimiin” 

Artinya: tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, aku termasuk orang-orang yang zalim (Qs. Al-Anbiya 87)

2. Manfaat Doa Nabi Yunus

Kisah Nabi Yunus saat ditelan seekor ikan besar menjadi pelajaran berharga bagi banyak orang, khususnya bagi umat Islam saat menghadapi musibah. Dikisahkan Nabi Yunus berada dalam perut ikan selama 40 hari. Berkat kuasa dan kehendak Allah SWT, Nabi Yunus tetap bisa hidup dan keluar dalam keadaan selamat. 

Saat berada dalam perut ikan, Nabi Yunus tidak lepas selalu berdoa kepada Allah SWT, memohon ketenangan hati dan keselamatan. Ketekunannya dalam berdoa dapat kita jadikan contoh terlebih saat kita sedang menghadapi ujian yang menakutkan. 


Di dalam doa tersebut terdapat manfaat:

a. Diampuni oleh Allah SWT. Doa Nabi Yunus ini berisikan permintaan maaf kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang pernah diperbuatnya. Dengan sungguh-sungguh membaca doa ini, niscaya Allah SWT akan menerima pertobatan umatnya.

b. Mendapat pahala orang yang mati syahid. Dalam hadis Riwayat Al-Hakim dari sa’ad bin Abi Waqash disebutkan bahwa apabila seseorang membaca doa ini 40 kali saat sakit, lalu ia meninggal, maka dirinya akan mendapat pahala layaknya orang yang meninggal syahid.

c. Keinginannya dikabulkan oleh Allah SWT, dimana penjelasan tersebut tertuang dalam hadis Riwayat at-Tirmidzi yang memiliki arti sebagai berikut: “Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) Ketika ia berdoa di dalam perut ikan paus adalah: ‘Laa ilaaha illaa anta, subhanaaka, innii kuntu minadz dzaalimiin’. Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah, melainkan Allah kabulkan baginya”

3. Keutamaan Doa Nabi Yunus

- Pengakuan tauhid, percaya akan keagungan Allah SWT.

- Pengakuan atas dosa yang dilakukan.

- Permohonan ampun kepada Allah SWT.

- Mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

- Diberikan kekuatan untuk menghadapi cobaan

- Dimudahkan dari kesulitan. 

Itulah pembahasan mengenai doa Nabi Yunus. Mari mulai sekarang kita Bersama-sama mengamalkannya untuk mendapatkan keutamaan dari Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

doa Nabi kumpulan doa islam
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top