Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengenal Bisnis Bos Duta Palma Surya Darmadi

Tersangka kasus dugaan korupsi penguasaan lahan sawit dan pencucian uang Surya Darmadi ditahan selama 20 hari.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 18 Agustus 2022  |  09:41 WIB
Mengenal Bisnis Bos Duta Palma Surya Darmadi
Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin (tengah) menyampaikan keterangan pers kasus dugaan korupsi dengan tersangka pemilik PT Duta Palma Group, Surya Darmadi di Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (15/8/2022). Surya Darmadi telah ditetapkan menjadi tersangka dan ditahan oleh Kejaksaan Agung dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi penguasaan lahan sawit seluas 37.095 hektare di wilayah Indragiri Hulu, Riau oleh PT Duta Palma Group dengan kerugian negara diperkirakan mencapai Rp78 triliun. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tersangka kasus dugaan korupsi penguasaan lahan sawit dan pencucian uang Surya Darmadi ditahan selama 20 hari.

Direktur Penyidikan (Dirdik) pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Supardi mengatakan bahwa Surya Darmadi ditahan di Rutan Kejaksaan Agung (Kejagung).

“Di rutan Kejaksaan Agung selama 20 hari,” ujar Supardi kepada wartawan, Senin (15/8/2022).

Lalu, siapa Surya Darmadi?

Berdasarkan penelusuran Bisnis, Surya Darmadi adalah bos Darmex Agro Group, salah satu korporasi terbesar dalam bidang perkebunan dan pengolahan kelapa sawit di Indonesia.

Dia juga tercatat memiliki afiliasi dengan Duta Palma Group.

Surya Darmadi adalah pendiri sekaligus Ketua Darmex Agro Group yang didirikan di Jakarta pada 1987 melalui anak perusahaannya, PT Dutapalma Nusantara.

Darmex Agro Group merupakan perusahaan produksi dan pengekspor minyak sawit terbesar di Indonesia, dan memiliki areal perkebunan yang tersebar di Provinsi Riau.

Apa saja gurita bisnis Surya Darmadi?

Melansir keterangan Kejagung, Surya Darmadi memiliki beberapa perusahaan selain Darmex Agro Gruop.

Ada bebeberapa perusahaan lagi yang milik Surya Darmadi dan semuanya di bidang persawitan. Perusahaan itu adalah: PT Seberida Subur, PT Panca Agro Lestari, PT Palma Satu, PT Banyu Bening Utama, dan PT Kencana Amal Tani.

Hal ini diketahui setelah Kejaksaan Agung menyita beberapa hektare lahan dari kelima perusahaan tersebut di wilayah provinsi Riau.

Selain itu, daftar perusahaan itu juga terlihat dari pemblokiran rekening yang dilakukan oleh Kejagung terhadap lima perusahaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Surya Darmadi Kejaksaan Agung kelapa sawit
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top