Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tiga Jenderal Ini Kehilangan Jabatan Karena Kasus Brigadir J

Tiga perwira tinggi Polri harus kehilangan jabatannya akibat kasus pembunuhan Brigadir Yosua alias Brigadir J.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 11 Agustus 2022  |  17:40 WIB
Tiga Jenderal Ini Kehilangan Jabatan Karena Kasus Brigadir J
Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo (tengah) berjalan keluar usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/8/2022). Irjen Pol Ferdy Sambo kurang lebih menjalani pemeriksaan sebagai saksi selama tujuh jam oleh Bareskrim Polri terkait kasus dugaan tindak pidana polisi tembak polisi di rumah dinasnya yang menewaskan Brigadir J. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar - foc.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kasus pembunuhan kepada Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J menjadikan tiga perwira tinggi (Pati) Polri kehilangan jabatannya.

Seperti diketahui bahwa pihak tim khusus Kapolri telah memeriksa 25 orang dalam kasus pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo. Kasus ini mengakibatkan tewasnya Brigadir J.

Dari ke 25 orang tersebut, Kapolri mengatakan bahwa tiga di antaranya merupakan perwira tinggi (Pati) bintang satu yang diperiksa oleh tim khusus.

Ketiga Pati itu antara lain  Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo, Karo Provost Divisi Propam Brigjen Benny Ali, dan Karo Paminal Divisi Propam Brigjen Hendra Kurniawan.

Irjen Pol Ferdy Sambo

Ferdy Sambo lahir di Barru, Sulawesi Selatan, 19 Februari 1973. Dia memiliki seorang istri bernama drg Putri Candrawati dan dikaruniai tiga anak.

Ferdy Sambo merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1994. Sepanjang kariernya di Kepolisian, Ferdy Sambo dikenal berpengalaman dalam bidang reserse.

Karier Ferdy Sambo di Polri melejit sejak dipromosikan dari Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat menjadi Kapolres Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng), di tahun 2012.

Setelah tiga tahun mengabdi di Jateng, Sambo dimutasi menjadi Wadirreskrimum Polda Metro Jaya pada 2015. Lalu pada 2016, Sambo menjabat Kasubdit IV Dittipidum Bareskrim Polri.

Sambo kemudian dipercaya menjabat Dirtipidum Bareskrim Polri pada 8 November 2019. Lalu pada 16 November 2020 Jenderal Pol Idham Azis mempromosikan Brigjen Pol Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam Polri.

Saat ini, Ferdy Sambo harus rela jabatannya dicopot dari Kadiv Propam dan menjadi tersangka dalam kasus penembakan Brigadir J di rumah dinas miliknya.

Brigjen Benny Ali

Brigjen Benny Ali lahir Lampung 27 September 1968. Dirinya merupakan lulusan dari Akademi Kepolisian pada tahun 1991.

Sebelum dicopot dari Karo Provos Propam, Benny Ali menenpati posisi ini sedari tabggal 25 Agustus 2021. Jabatan yang dirinya emban ini harus dicopot karena menghalangi proses penyidikan terkait dengan kasus kematian Brigadir J.

Saat ini diketahui Benny Ali sedangan berada di tempat khusus (Patsu) yaitu Mako Brimob Kelapa Dua untuk proses pemeriksaan.

Brigjen Hendra Kurniawan

Hendra lahir lahir di Bandung, Jawa Barat, pada 16 Maret 1974. Diketahui dirinya menjabat sebagai Karo Paminal Divpropam Polri sejak 16 November 2020, namun karena kasus Brigadir J dirinya saat ini menjabat sebagai Pati Yanma Polri.

Sama seperti Benny, jabatan yang Hendra emban harus dicopot karena menghalangi proses penyidikan terkait dengan kasus kematian Brigadir J.

Saat ini Hendra ditempatkan di Mako Brimob Kelapa Dua untuk proses pemeriksaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

brigadir Ferdy Sambo
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top