Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tak Boleh Lengah, Pemerintah Terus Pantau Perkembangan Kasus Cacar Monyet

Pemerintah terus mengikuti dan memantau perkembangan penyakit cacar monyet atau monkeypox yang sudah menyebar di banyak negara, termasuk di kawasan Asia.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 Agustus 2022  |  20:48 WIB
Tak Boleh Lengah, Pemerintah Terus Pantau Perkembangan Kasus Cacar Monyet
Pemerintah terus mengikuti dan memantau perkembangan penyakit cacar monyet atau monkeypox yang sudah menyebar di banyak negara, termasuk di kawasan Asia. Partikel virus cacar monyet atau monkeypox. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah terus mengikuti dan memantau perkembangan penyakit cacar monyet atau monkeypox yang sudah menyebar di banyak negara, termasuk di kawasan Asia.

"Meskipun belum ada kasus penularan penyakit cacar monyet yang dikonfirmasi di Indonesia, namun pemerintah terus memantau secara intensif perkembangan penyakit ini," kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Suprapto, dikutip dari Antara, Sabtu (6/8/2022).

Ketika dihubungi di Jakarta, Agus menjelaskan bahwa sistem mitigasi untuk mencegah masuknya penyakit ini sudah berjalan dengan baik.

"Sistem surveilans telah diaktifkan di seluruh pintu masuk ke wilayah Indonesia, Kantor Kesehatan Pelabuhan terus melakukan pemeriksaan setiap pelaku perjalanan yang datang dari negara-negara dengan kasus penularan cacar monyet," katanya.

Selain itu, fasilitas laboratorium juga telah disiapkan untuk melakukan penyelidikan epidemiologi cacar monyet, termasuk melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi virus penyebab penyakit tersebut.  Dia juga memastikan pemerintah juga sudah menyiapkan langkah antisipasi lainnya guna merespons perkembangan penyakit cacar monyet.

Sementara itu, Agus juga kembali mengatakan bahwa pemerintah akan melakukan sosialisasi dan edukasi yang masif mengenai penyakit cacar monyet guna meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat.

Sosialisasi dan edukasi mengenai penyakit ini kepada masyarakat harus terus digencarkan, dengan demikian masyarakat juga dapat mengetahui mengenai penyakit cacar monyet, cara pencegahan, cara penularan dan cara penanganan," katanya.

Selain itu, Agus juga menambahkan bahwa pemerintah sangat memperhatikan masukan dari Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang mendorong untuk segera membentuk satuan tugas atau satgas untuk menangani kasus infeksi cacar monyet atau monkeypox.

"Masukan dari Ketua MPR RI yang mendorong agar pemerintah segera membentuk satuan tugas untuk menangani kasus cacar monyet sangat diperhatikan, perkembangan epidemiologi dan eskalasi kasus monkeypox juga terus diperhatikan dan dipantau," katanya.

Sebelumnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan pemerintah perlu segera membentuk satuan tugas untuk menangani kasus cacar monyet mengingat kasus monkeypox sudah teridentifikasi di beberapa negara.

Bambang juga meminta kepada pemerintah untuk bekerja sama dengan pihak terkait agar memperluas dan memperketat penapisan di setiap pintu masuk, mulai dari pelabuhan, bandara, hingga pos lintas batas darat negara (PLBDN).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Cacar monyet kemenko pmk Bambang Soesatyo

Sumber : Antara

Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top