Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Rangkaian Kegiatan Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI

Istana Kepresidenan menggelar rangkaian kegiatan dalam menyambut peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 02 Agustus 2022  |  09:02 WIB
Ini Rangkaian Kegiatan Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI
Logo resmi perayaan HUT ke-77 Republik Indonesia - Setneg

Bisnis.com, JAKARTA - Istana Kepresidenan menggelar rangkaian kegiatan dalam menyambut peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022.

Adapun rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan acara Zikir dan Doa Kebangsaan yang telah dilaksanakan pada Senin (1/8/2022) malam.

“Pada 1 Agustus ini, sore ini kita membukanya dengan acara Zikir kebangsaan yang akan dihadiri oleh tokoh-tokoh lintas agama dan juga Bapak Presiden RI juga akan hadir pada sore hari sampai menjelang malam,” tutur Heru dalam dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (2/8/2022).

Selanjutnya, pihak Istana Kepresidenan juga akan menggelar pameran arsip serta mobil kepresidenan di mal Sarinah, Jakarta Pusat pada 13-22 Agustus 2022.

Dengan mengangkat tema ‘Indonesia Menjawab’, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama menyampaikan bahwa pameran tersebut akan menampilkan berbagai arsip berupa foto, video, serta dokumen yang diharapkan mampu menyampaikan jawaban atas tantangan serta krisis yang dialami oleh masing-masing presiden selama masa jabatannya.

“Kita akan lebih menekankan bagaimana para presiden, tujuh presiden ini menjawab krisis dan tantangan di zamannya masing-masing,” ucap Setya.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menambahkan, bahwa pihaknya juga akan memamerkan sejumlah mobil yang pernah digunakan oleh Presiden RI, yang dimulai dari zaman Soekarno hingga Jokowi.

Meskipun terkesan sangat mewah dan eksklusif, Bey memastikan bahwa pameran tersebut akan dapat dinikmati secara gratis oleh masyarakat dengan tanpa adanya pungutan biaya.

“Jadi itu bentuk dari kami bagaimana masyarakat bisa berfoto di depan mobil tersebut dan tentunya yang paling penting adalah pameran ini adalah gratis jadi masyarakat silakan berbondong-bondong ke Sarinah,” kata Bey.

Rangkaian acara ini kemudian akan dilanjutkan dengan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional pada 10 Agustus 2022, yang dilanjutkan dengan Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-61 di Istana Negara pada 11 Agustus 2022.

Pada keesokan harinya, acara akan dilanjutkan dengan Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan RI di Istana Negara yang akan dilakukan secara langsung oleh Presiden Jokowi.

Pada 15 Agustus 2022, pihak Istana Kepresidenan akan melakukan pengukuhan kepada pasukan pengibar bendera pusaka atau Paskibraka yang bertempat di Istana Negara, Jakarta.

 Agenda Wajib

Kemudian, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama menyebutkan bahwa pihaknya akan menggelar agenda wajib pada 16 Agustus 2022 yaitu kegiatan pidato kenegaraan dan pidato penyampaian RUU APBN tahun 2023 di Gedung MPR/DPR/DPD RI. 

Dia menambahkan,  pada 16 Agustus malam, pihaknya juga akan melakukan apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan, Kalibata.

Pada 17 Agustus 2022, akan dilakukan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang akan digelar secara terbuka di Istana Merdeka dan Monumen Nasional (Monas).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara ini akan kembali dapat diikuti secara langsung oleh masyarakat yang telah melakukan pendaftaran melalui laman yang telah disediakan.

“Pada tahun ini juga kita mengundang masyarakat terbatas, masih terbatas kurang lebih 1.000 sampai 2.000. Kurang lebih 2.000 di pagi hari dan 2.000-3.000 di sore hari,” jelas Heru.

Heru menyampaikan bahwa pihaknya juga akan menghadirkan pertunjukan dari para anak bangsa yang diharapkan dapat menghibur masyarakat yang tengah menyaksikan kegiatan Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

Hadir dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana menekankan bahwa pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama pelaksanaan upacara tahun ini.

Yusuf menyampaikan, masyarakat yang akan hadir dalam kegiatan tersebut harus terlebih dahulu mendapatkan vaksin dosis ketiga atau booster dan menunjukkan hasil tes antigen negatif.

“Kami menerapkan treatment kesehatan yang sangat ketat, salah satunya adalah masyarakat harus telah divaksin dosis ketiga atau booster,” tutur Yusuf.

Pada keesokan harinya, akan dilakukan peringatan Hari Konstitusi di Gedung MPR/DPR/DPD RI.

Adapun untuk mengakhiri rangkaian acara tersebut, pihak Istana Kepresidenan akan menggelar festival Rhapsody of Archipelago (RoAr) yang juga ditujukan untuk menyambut para tamu undangan G20, serta peluncuran Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

HUT Kemerdekaan RI upacara kemerdekaan ri Jokowi
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top