Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pendaftaran Pemilu 2024: Dari 9 Parpol, Baru 6 Berdokumen Lengkap

KPU mengumumkan dari sembilan parpol yang mendaftar jadi peserta Pemilu 2024 pada hari ini, enam di antaranya sudah berdokumen lengkap.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 01 Agustus 2022  |  18:47 WIB
Pendaftaran Pemilu 2024: Dari 9 Parpol, Baru 6 Berdokumen Lengkap
KPU mengumumkan dari sembilan parpol yang mendaftar jadi peserta Pemilu 2024 pada hari ini, enam di antaranya sudah berdokumen lengkap. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pawai kebudayaan Betawai saat mendaftar peserta Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin (1/8/2022) pagi. JIBI - Bisnis/ Surya Dua Artha Simanjuntak
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan ada sembilan partai politik (parpol) yang mendaftar jadi peserta Pemilu 2024 pada hari ini, Senin (1/8/2022).

"Di hari pertama pendaftaran ini, ada sembilan partai politik yang telah mendaftar ke KPU," ungkap Komisioner KPU Idham Kholid saat menyampaikan konferensi pers di Kantor KPU, Jakarta, Senin (1/8/2022).

Dari kesembilan parpol tersebut, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) jadi yang pertama mendaftar, diikuti Partai Keadilan dan Persatuan (PKP).

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) jadi yang ketiga mendaftar. Lalu, Partai Reformasi mengikuti jadi pendaftaran keempat.

Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) jadi yang kelima. Selanjutnya, Partai Persatuan Indonesia (Partai Perindo) jadi yang keenam.

Pendaftar ketujuh adalah Partai NasDem. Lalu, Partai Bulan Bintang (PBB) jadi pendaftar kedelapan.

Selanjutnya, Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai) jadi parpol terakhir yang mendaftar pada hari ini.

Idham menegaskan, sesuai Pasal 173 ayat (3) UU No.7/2017 (UU Pemilu), KPU hanya bisa menerima pendaftaran parpol yang dokumennya lengkap.

Setelah dilakukan pengecekan kelengkapan, KPU menyatakan baru enam dari sembilan parpol yang dokumen pendaftarannnya lengkap. Idham mengatakan bahwa keenam parpol tersebut sudah dapat dilakukan verifikasi administrasi mulai esok, Selasa (2/8/2022).

Untuk tiga parpol lainnya, KPU masih akan mengecek kelengkapan mereka.

"Kami memang saat ini masih memproses mungkin besok kami akan beri tahu, karena waktu pendaftaran masih 13 hari kedepan," jelasnya.

Berikut ini daftar enam parpol yang telah melengkapi seluruh dokumen pendaftaran Pemilu 2024:

1. PDIP

2. PKP

3. PKS

4. Partai Perindo

5. Partai NasDem

6. PBB

Sementara itu, tiga parpol lainnya masih diperiksa KPU terkait kelengkapan dokumennya yaknia Partai Reformasi, Partai Prima, dan Pandai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpu parpol Pemilu 2024
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top