Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perang! Rusia Akan Gelar Referendum di Wilayah Ukraina yang Diduduki

Intelijen pertahanan Inggris mengatakan Rusia ingin mengadakan referendum di wilayah Ukraina yang baru diduduki.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 30 Juli 2022  |  18:06 WIB
Perang! Rusia Akan Gelar Referendum di Wilayah Ukraina yang Diduduki
Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu memastikan bahwa perang Rusia vs Ukraina berlanjut hingga tugas dari Presiden Vladimir Putin selesai. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @tass.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Intelijen pertahanan Inggris mengatakan Rusia ingin mengadakan referendum di wilayah Ukraina yang baru diduduki.

Otoritas yang ditempatkan Rusia di wilayah yang baru diduduki di Ukraina selatan berada di bawah tekanan yang meningkat dari Moskow dan mungkin bersiap mengadakan referendum untuk bergabung dengan Rusia akhir tahun ini, kata Kementerian Pertahanan Inggris, Sabtu (30/7/2022) dikutip dari Aljazeera dan rferl.org.

"Otoritas lokal kemungkinan memaksa penduduk untuk mengungkapkan informasi pribadi untuk menyusun daftar pemilih," kata kementerian itu dalam pembaruan intelijen reguler.

Dikatakan, bahwa Rusia mengklasifikasikan daerah-daerah yang diduduki sebagai berada di bawah "administrasi sipil-militer" sementara.

Bulan lalu, pemerintahan militer yang didirikan Moskow di sekitar kota Kherson yang diduduki Ukraina mengatakan sedang bersiap untuk mengadakan referendum untuk bergabung dengan Rusia.

Kherson, sebuah pelabuhan penting di Laut Hitam, telah sepenuhnya berada di bawah kendali Rusia sejak awal Maret, hanya beberapa minggu setelah Moskow melancarkan invasi tanpa alasan ke Ukraina.

Pada tahun 2014, Rusia secara ilegal mencaplok Semenanjung Krimea Ukraina setelah referendum yang disengketakan yang secara luas diyakini dipalsukan, dengan hasil yang menunjukkan hampir 97 persen pemilih mendukung bergabung dengan Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Perang Rusia Ukraina Ukraina
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top