Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahfud Ingatkan Pemilu di DOB Papua dan IKN Butuh Koordinasi

Mahfud MD mengatakan bahwa pemilu serentak, Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua, dan IKN Nusantara perlu koordinasi.
Menko Polhukam Mohammad Mahfud MD./Antara
Menko Polhukam Mohammad Mahfud MD./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan bahwa ada beberapa agenda penting nasional dalam dua tahun ke depan, yaitu pemilu serentak, Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua, dan IKN Nusantara. Semuanya harus dikoordinasikan dengan mantap.

Oleh karena itu, Mahfud meminta peristiwa-peristiwa tersebut harus disiapkan dan dikawal dengan baik, dikoordinasikan dengan mantap, termasuk proses hukum juga anggarannya.

"Anggarannya mungkin di Kementerian Keuangan, tetapi kita harus kawal agar tidak boros tetapi tidak menyebabkan tidak bisa jalan. Apalagi beberapa bulan lagi ada pengumuman parpol yang terverifikasi di dalam Pemilu, kita semua harus siap menjaga negara ini," katanya melalui keterangan pers, Sabtu (30/7/2022).

Untuk DOB Papua, Mahfud menjelaskan bahwa koordinasi yang dibutuhkan adalah seperti persiapan pembentukan pemerintahannya hingga memetakan daerah pemilihan dan proses pemilu di daerah baru tersebut.

Menurutnya, DOB Papua menjadi pekerjaan rumah karena menyangkut banyak hal. Ada tida provinsi baru di sana.

"Berarti awal 2023 harus sudah terbentuk pemerintahannya. Karena kita akan segera memetakan daerah pemilihan proses pemilu di daerah baru yang di UU lama tidak ada," jelasnya.

Mahfud juga menyinggung soal pentingnya koordinasi mengenai IKN Nusantara dan DKI Jakarta kaitannya dengan momentum politik pada tahun 2024.

"IKN pun nanti pemilunya masuk Provinsi Kalimantan Timur atau khusus? DKI Jakarta yang ada sekarang juga pemilu-nya bagaimana? Sekarang sudah tidak ibu kota di tahun 2024. Pemilihnya apakah sama?” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper