Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Bertemu Xi Jinping Hari ini, Ini yang Dibahas

Pertemuan Jokowi dan Xi Jinping akan membahas penguatan kerja sama ekonomi China dan Indonesia.
Presiden Joko Widodo (kiri) duduk berdampingan dengan Presiden China Xi Jinping saat melakukan dialog antara pimpinan negara ekonomi dengan APEC Business Advisory Council (ABAC) di Da Nang, Vietnam, Jumat (10/11)./ANTARA-Yusran Uccang
Presiden Joko Widodo (kiri) duduk berdampingan dengan Presiden China Xi Jinping saat melakukan dialog antara pimpinan negara ekonomi dengan APEC Business Advisory Council (ABAC) di Da Nang, Vietnam, Jumat (10/11)./ANTARA-Yusran Uccang

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi dijadwalkan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri China pada hari ini, Selasa (26/7/2022).

Dikutip melalui China Central Television (CCTV), kunjungan tersebut akan membahas penguatan kerja sama ekonomi kedua negara, khususnya bidang perdagangan dan investasi.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin menyampaikan, Presiden Xi akan mengadakan pembicaraan dengan Jokowi dan Perdana Menteri Li Keqiang.

"Mereka akan melakukan pertukaran pandangan mendalam yang berfokus pada hubungan bilateral dan isu-isu utama regional dan internasional," katanya lewat laporan media CCTV, Jumat (22/7/2022).

Dia melanjutkan, Jokowi merupakan Kepala Negara asing pertama yang mengunjungi China sejak Olimpiade Musim Dingin Beijing, dan China akan menjadi perhentian pertama dalam perjalanan pertamanya ke Asia Timur sejak awal Covid-19.

“Ini sepenuhnya menunjukkan betapa pentingnya kedua negara melekat pada hubungan bilateral," ujarnya.

Lebih lanjut, Wang menyatakan kedua negara telah menetapkan arah untuk bersama-sama membangun komunitas China-Indonesia melalui kerja sama bilateral.

"Kerja sama bilateral meliputi politik, ekonomi, budaya dan maritim. Kami berharap melalui kunjungan Presiden Joko Widodo, kedua belah pihak akan semakin memperdalam rasa saling percaya strategis dan kerja sama praktis," katanya.

Wang mengatakan bahwa Negeri bambu tersebut juga sangat mengapresiasi dan mendukung peran konstruktif Indonesia yang memegang Kepresidenan G20 tahun ini.

"Presiden Joko Widodo akan berkomunikasi langsung dengan para pemimpin China terkait KTT G20 untuk membahas cara-cara menjawab tantangan global yang mendesak, menunjukkan solidaritas dan koordinasi di antara negara-negara berkembang utama, menyalurkan lebih banyak energi positif untuk pembangunan ekonomi global pasca-Covid dan membuat lebih banyak kontribusi baru untuk mempromosikan kesetaraan dan keadilan global," pungkas Wang.

Sebagaimana diketahui, China merupakan mitra dagang terbesar bagi Indonesia, dengan nilai total perdagangan mencapai US$ 110 miliar pada 2021. Sementara untuk investasi, Negara yang dinahkodai Xi Jinping ini merupakan investor ketiga terbesar dengan total nilai investasi sekitar US$ 3,2 miliar pada 2021.

Sebelumnya Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta delegasi tiba di Beijing Capital International Airport, Beijing, China pada Senin, 25 Juli 2022 sekitar pukul 21.37 waktu setempat.

Kepala Negara beserta rombongan mendarat setelah menempuh penerbangan sekitar 6 jam dan 40 menit, pesawat Garuda Indonesia GIA-1.

Setelah pintu pesawat terbuka, Kepala Protokol Negara mempersilakan Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo turun dari pesawat.

Saat tiba di Diaoyutai State Guesthouse, Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo disambut oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Beijing, yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper