Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bertolak ke China, Jokowi Awali Kunjungan Kerja ke Tiga Negara di Asia Timur

Presiden Jokowi beserta rombongan memulai kunjungan kerja ke tiga negara di kawasan Asia Timur, dengan China sebagai negara pertama yang dikunjungi.
Presiden Jokowi beserta rombongan memulai kunjungan kerja ke tiga negara di kawasan Asia Timur, dengan China sebagai negara pertama yang dikunjungi.  / Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi beserta rombongan memulai kunjungan kerja ke tiga negara di kawasan Asia Timur, dengan China sebagai negara pertama yang dikunjungi. / Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana bertolak menuju Beijing, China pada Senin, 25 Juli 2022.

Dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, keberangkatan Kepala Negara adalah untuk memulai rangkaian kunjungan luar negeri ke tiga negara di kawasan Asia Timur.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memerinci ketiga Negara yang akan dikunjungi Presiden dan rombongan terbatas tersebut, yakni China, Jepang, dan Korea Selatan. Ketiganya merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi.

"Ketiga negara tersebut juga merupakan mitra penting Asean dan mitra penting dalam konteks G20," ujarnya kepada Biro Pers, Media, dan Informasi melalui pesan tertulis.

Retno juga menjelaskan bahwa Presiden Jokowi akan bertemu dengan pemimpin dari ketiga negara tersebut untuk membahas sejumlah isu, mulai dari global hingga kerja sama di sejumlah bidang.

"Berbagai isu dari kerja sama perdagangan, investasi, kesehatan, infrastruktur, perikanan hingga isu kawasan dan dunia akan dibahas dengan para pemimpin ketiga negara tersebut," katanya. 

Dengan Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1), Presiden beserta rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, sekitar pukul 14.00 WIB.

Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana akan menempuh penerbangan menuju Beijing Capital International Airport, China selama kurang lebih 7 jam dan diperkirakan tiba pada malam hari nanti.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Beijing, RRT, yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, dan Kepala Protokol negara Andy Rachmianto. Sementara Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di Beijing untuk mempersiapkan kunjungan Presiden.

Tampak melepas keberangkatan Presiden Jokowi di bandara adalah Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Duta Besar RRT untuk Indonesia Lu Kang, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksmana TNI Yudo Margono, dan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper