Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Akan Bertemu Presiden China Xi Jinping, Ini yang Dibahas

Presiden Jokowi dikabarkan akan bertandang ke China untuk bertemu Presiden Xi Jinping. Di sana akan dibahas isu strategis peningkatan kerja sama kedua negara.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 23 Juli 2022  |  18:57 WIB
Jokowi Akan Bertemu Presiden China Xi Jinping, Ini yang Dibahas
Jokowi akan bertemu Presiden China Xi Jinping, ini yang akan dibahas? Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Presiden China Xi Jinping, di sela-sela KTT G20, di Osaka, Jepang, Jumat (28/6/2019). - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan melakukan kunjungan ke China dan menjadi pemimpin asing pertama yang bertemu langsung dengan Presiden China Xi Jinping sejak Olimpiade Musim Dingin Beijing pada Februari lalu.

Dikutip dari South China Morning Post, Sabtu (23/7/2022), juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan bahwa Jokowi akan bertemu Xi dan juga Perdana Menteri Li Keqiang selama kunjungan dua hari. 

"China menantikan kunjungan Presiden Joko Widodo untuk lebih memperdalam bahasan strategis dan kerja sama praktis antara kedua belah pihak, dan untuk membangun model dan situasi yang saling menguntungkan," katanya Wang. 

Dia melanjutkan, Presiden China belum melakukan pembicaraan tatap muka dengan para pemimpin asing sejak awal Februari, ketika Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin.

Kemudian, diagendakan Xi juga akan mengadakan serangkaian pertemuan kenegaraan dengan mengunjungi Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Singapura Halimah Yacob serta para pemimpin Serbia, Mesir, Kazakhstan, Uzbekistan dan Turkmenistan.

Menurut Pang Zhongying, ketua profesor ekonomi politik internasional dan regional di Universitas Sichuan di Chengdu, kehadiran Xi di KTT para pemimpin G20 di Bali pada November 2022 kemungkinan akan menjadi agenda utama pertemuan Jokowi dengan Xi Jinping.

"Jika dia [Xi Jinping] pergi [secara langsung], ini akan menjadi terobosan," kata Pang.

Xi tidak melakukan perjalanan ke luar daratan China sejak Januari 2020. Bahkan, ketika dia pergi ke Myanmar hingga kunjungan baru-baru ini ke Hong Kong untuk menandai peringatan 25 tahun serah terima Hong Kong pada 1 Juli 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi xi jinping china bilateral indonesia china
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top