Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perjalanan Karir Politik Shinzo Abe, PM Jepang Terlama Sepanjang Sejarah

Simak perjalanan karir poliik Shinzo Abe. Mantan PM Jepang yang baru saja ditembak.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 08 Juli 2022  |  14:09 WIB
Perjalanan Karir Politik Shinzo Abe, PM Jepang Terlama Sepanjang Sejarah
PM Jepang Shinzo Abe - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dilaporkan jatuh pingsan usai ditembak saat berpidato di kota barat Nara, Jepang hari ini, Jumat (8/7/2022).

Shinzo Abe langsung dilarikan di rumah sakit setelah peristiwa penembakan tersebut. Tak lama setelah itu, Polisi menangkap seorang pria bernama Yamagami Tetsuya yang berusia 41 tahun. Pria tersebut diduga mencoba melakukan pembunuhan terhadap Shinzo Abe.

Polisi mengatakan mereka menyita pistol di lokasi yang tampaknya dipegang tersangka. Abe dipindahkan dengan medevac ke Rumah Sakit Universitas Medis Nara di Kota Kashihara. Polisi mengatakan Abe tampaknya ditembak dari belakang.

Berdasarkan informasi terakhir, Abe tidak menunjukkan tanda-tanda vital. Sayangnya, hingga saat ini belum ada kabar terbaru mengenai kondisi Shinzo Abe.

Simak profil dan perjalanan karir politik Shinzo Abe

Dikutip dari Nikkei Asia, Jumat (8/7/2022), Shinzo Abe lahir pada 1954. Abe lahir dari keluarga politik.

Ayahnya yang bernama Shintaro Abe merupakan seorang politikus yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri, Menter Pertanian, dan jabatan penting lainnya di pemerintahan Jepang. Sementara itu, Kakek Abe tak lain adalah mantan Perdana Menteri Nobusuke Kishi.

Shinzo Abe kecil dipangku oleh Nobusuke Kishi, kakeknya yang saat itu menabat sebagai PM Jepang/Istimewa

Shinzo Abe diketahui mengenyam pendidikan di Universitas Seikei dan lulus pada 1977. Dia kemudian pindah ke Amerika Serikat dan belajar kebijakan publik di California Selatan selama tiga semester. Setelah menyelesaikan sekolah, Abe mulai bekerja untuk perusahaan Kobe Steel pada 1979 hingga 1982.

Nama Shinzo Abe melesat di dunia politik Jepang. Abe bahkan didapuk menjadi Perdana Menteri Jepang pada 2006. Abe yang saat itu berusia 52 tahun menjadi Perdana Menteri di Jepang pasca Perang Dunia II.

Sempat mengundurkan diri pada tahun berikutnya, Abe kembali berkuasa dan menjabat sebagai PM Jepang pada 2012 dan bertahan hingga 2020. Saat pandemi Covid-19 melanda dunia, dia kemudian kembali mundur karena masalah kesehatan pada 2020.

Shinzo Abe tercatat berkuasa selama 2.822 hari. Hal itu menjadikannya orang yang terlama yang pernah menjabat PM Jepang sepanjang sejarah negara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

shinzo abe pm jepang penembakan
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top