Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Ukraina Recovery Conference 2022 yang Digelar di Lugano, Swiss

URC merupakan wadah bagi negara yang ingin menyatakan dukungan dalam perkembangan Ukraina dan untuk semua pemangku kepentingan.
Asap mengepul dari lokasi kebakaran selama konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Kamis (7/4/2022). REUTERS/Alexander Ermochenko
Asap mengepul dari lokasi kebakaran selama konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Kamis (7/4/2022). REUTERS/Alexander Ermochenko

Bisnis.com, JAKARTA – Ukraina Recovery Conference (URC) merupakan konferensi yang bertujuan untuk penanggulangan kondisi akibat invasi Rusia vs Ukraina yang akan berlangsung di Inggris pada 2023 mendatang.

Mengutip situs resmi urc2022.com, Senin (4/7/2022), URC ini sebelumnya adalah Ukraina Reform Conference yang bertujuan untuk melihat perkembangan reformasi tahunan Ukraina, dengan tujuan Ukraina agar dapat mempresentasikan kemajuan yang telah dibuatnya selama satu tahun.

Selain itu, URC merupakan wadah bagi negara yang ingin menyatakan dukungan dalam perkembangan Ukraina dan untuk semua pemangku kepentingan agar dapat membantu langkah-langkah yang harus diambil selanjutnya untuk memajukan proses reformasi.

Pada perhelatan sebelumnya, konferensi ini pernah digelar dibeberapa negara yang berbeda, seperti London, Inggris (2017) , Kopenhagen, Denmark (2018) , Toronto, Kanada (2019), Vilnius, Lituania (2021) hingga saat ini berganti nama menjadi Ukraina Recovery Conference (URC) yang digelar di Lugano, Swiss (2022).

Untuk alasan Swiss menjadi tuan rumah pada tahun ini, karena Swiss adalah mitra lama Ukraina di bidang politik, ekonomi, keuangan, dan budaya. Kedua negara ini sudah lebih dari 25 tahun kerjasama dalam pembangunan yang mendukung transformasi Ukraina menjadi lebih baik.

Oleh karena itu, Swiss telah memutuskan untuk menjadi tuan rumah bersama URC 2022 dalam kemitraan dengan pemerintah Ukraina serta akan mendukung stabilitas dan kemakmuran di Ukraina melalui reformasi.

Sebelum invasi terjadi, Swiss dan Ukraina telah sepakat bahwa URC 2022 berikutnya harus fokus pada sejumlah agenda reformasi yang dikelompokkan dalam dua tema, yaitu Stabilitas dan Kemakmuran.

Pembahasan konferensi kali ini akan berfokus pada pembahasan rencana pemulihan dan pengembangan Ukraina serta berbagai kontribusi mitra internasional untuk pemulihan Ukraina.

Selanjutnya, dalam URC 2022 akan membahas juga pemulihan terkait isu sosial, ekonomi, lingkungan, infrastruktur dari kerusakan dan kerugian akibat perang hingga pembahasan reformasi yang mungkin atau perlu untuk diterapkan dalam situasi saat ini.

Atas dasar tersebut, konferensi ini menekankan perlunya pendekatan yang terbuka bagi siapa saja dengan penerapan prinsip tanggung jawab bersama selama fase pemulihan. 

Sebagai informasi, URC 2022 berlangsung selama dua hari dari 4 – 5 Juli 2022 di Lugano, Swiss memiliki acara sampingan dengan agenda sebagai berikut :

• Acara Masyarakat Sipil

4 Juli, 10:00 – 13:00 waktu setempat

• Meja Bundar Pemerintahan Lokal

4 Juli, 11:15 -13:00 waktu setempat

• Forum Ekonomi

5 Juli, 14:00 – 16:30 waktu setempat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper