Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Punya 3 Nama Capres, NasDem Buka Peluang Koalisi dengan KIB

NasDem terbuka berkoalisi dengan partai manapun termasuk Kolalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dimotori Golkar, PAN, dan PPP.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 17 Juni 2022  |  14:25 WIB
Punya 3 Nama Capres, NasDem Buka Peluang Koalisi dengan KIB
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) memberikan keterangan pers usai menggelar pertemuan di DPP Partai Nasdem, Jakarta, Rabu (1/6/2022). Pertemuan yang berlangsung hampir lima jam tersebut salah satunya membahas mengenai kemajuan bangsa dan negara. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A - nz
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPP Partai Nasional Demokrat (NasDem) Willy Aditya menyatakan bahwa partainya terbuka untuk berkoalisi dengan partai manapun dalam kontestasi Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Dia memaparkan bahwa saat ini rapat pleno tadi malam sudah menetapkan tiga calon yang direkomendasikan oleh masing-masing pengurus wilayah. Ketiga nama capres tersebut akan menjadi modal bagi NasDem untuk membangun koalisi dengan partai manapun.

“Kami akan bangun kesepahaman dengan partai-partai lain dengan tiga nama ini, siapa kira-kira mereka yang akan cocok,” ujar Willy, Jumat (17/6/2022).

Adapun, Willy tak memungkiri potensi NasDem menjalin komunikasi dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). KIB adalah koalisi yang terdiri dari tiga partai antara lain Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan PPP.

Kendati demikian, poltikus NasDem itu, jangan kemudian dalam membangun koalisi ada ego. Ego yang seolah-olah lebih pancasilais, Indonesianis. “Semua sama, karena kita bertarung, bertarung dalam koridor konstitusi yang sama,” jelasnya.

Sekadar informasi, usai memilih 3 capres, Ketua Steering Committe Prananda Surya Paloh akan menyerahkan tiga nama itu ke Ketua Umum, Surya Paloh.

"Jadi khusus 3 nama capres itu sudah ada, nanti pukul 20.00 WIB akan diserahkan SC akan menyerahkannya ke Ketua Umum," kata Willy, Jumat (17/6/2022).

Politikus NasDem itu mengatakan bahwa proses penentuan calon presiden dilakukan dengan mekanisme musyawarah mufakat. Dia juga memastikan bahwa nama yang dipilih adalah kandidat yang diusulkan oleh pengurus wilayah.

 

"Jadi tidak ada ujug-ujug, abrakadabda, bimsalabim. Terus ada nama baru, tidak," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

capres nasdem Pilpres 2024
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top