Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahfud MD Bicara Pentingnya Moderasi Beragama untuk Persatuan Bangsa

Mahfud MD bicara soal pentingnya moderasi beragama sebagai kunci persatuan bangsa dialog keagamaan di Den Haag Belanda.
Menkopolhukam Mahfud MD bicara pentingnya moderasi beragama untuk persatuan bangsa di Den Haag Belanda./Istimewa
Menkopolhukam Mahfud MD bicara pentingnya moderasi beragama untuk persatuan bangsa di Den Haag Belanda./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM Mahfud MD bicara soal pentingnya moderasi beragama sebagai kunci persatuan bangsa. Moderasi beragama artinya memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem. 

Dia menyebut perihal ekstrem kanan, yakni pemahaman agama yang sangat kaku.Dan, ekstrem kiri, pemahaman agama yang sangat liberal. Terlebih masyarakat Indonesia terdiri dari beberapa agama yang berbeda-beda.

"Kehidupan berbangsa di Indonesia, tidak hanya dibangun oleh masyarakat pemeluk Islam sebagai agama mayoritas, tapi juga oleh masyarakat pemeluk agama lain. Pemeluk Islam bekerjasama erat dengan pemeluk agama-agama lain dalam pembangunan kehidupan berbangsa, menciptakan toleransi, dan moderasi beragama. Semua langkah itu menghasilkan kehidupan yang positif dan damai di Indonesia dewasa ini," kata Mahfud dalam pidato kuncinya pada ‘The 7th Interfaith Dialogue: Religion in Colonization and Decolonization: Indonesian-Dutch Confrontation, Confirmation, Transformation’ di Den Haag, Belanda, dikutip Kamis (9/6/2022).

Mahfud mengatakan bahwa pasca kemerdekaan, berbagai organisasi besar seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah termasuk Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia, mendirikan berbagai institusi pendidikan mulai dari tingkat sekolah dasar hingga universitas, memberikan beasiswa, juga mendirikan ratusan rumah sakit di seluruh Indonesia.

“Nation Building ini pun tidak hanya dilakukan oleh komunitas Islam, tetapi juga dilakukan komunitas agama lain di Indonesia. Hal inilah yang membentuk kehidupan yang positif dan penuh dengan toleransi di Indonesia, yang bisa bersama kita nikmati sampai saat ini,” papar Mahfud.

Mahfud menambahkan umat Islam dan umat agama lain di Indonesia memiliki peran penting dalam membangun dan membudayakan nilai-nilai toleransi dan moderasi kehidupan beragama. Hal terus merupakan elemen penting dalam merekat kesatuan bangsa dan menjaga kesatuan bangsa Indonesia.

Lebih dari itu, dalam hal mencegah berkembangnya ideologi asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, peran NU, Muhammadiyah serta komunitas Islam dan agama-agama lain sangat dibutuhkan. Itulah mengapa agama dan kehidupan antar umat beragama di Indonesia, amat strategis dalam membangun inklusifitas, toleransi, dan moderasi sebagai nilai-nilai bersama dalam kehidupan berbangsa.

“Perkembangan dan perlindungan atas nilai toleransi dan moderasi merupakan aspek krusial dalam melindungi keberagaman Indonesia,” katanya dalam dialog yang digelar di Gereja Kloosterkerk.

Dialog yang berlangsung di Gereja Kloosterkerk, Den Haag ini, dihadiri antara lain Duta Besar Indonesia untuk Belanda, Mayerfas, Utusan Khusus urusan Agama dan Kepercayaan Belanda, Jos Douma, Ketua Konsorsium untuk Hubungan Muslim dan Kristen Belanda-Indonesia (NICMCR), Corrie van der Ven, dan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama, (PCINU) Belanda.

Menko Polhukam Mahfud MD yang didampingi Deputi Bidang Koordinasi Luar Negeri Kemenko Polhukam Rina Soemarno juga akan melakukan serangkaian kegiatan di Den Haag dan Amsterdam, sebelum menyampaikan pidato pada Sesi ke-50 Sidang Dewan HAM PBB di Jenewa, Swiss pada Senin, 13 Juni 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper