Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masyarakat Nilai Pertemuan Jokowi dan Prabowo saat Idulfitri Hanya Silaturahmi Biasa

Indikator Politik Indonesia mencatat, bahwa pertemuan antara Prabowo Subianto dengan Presiden Jokowi pada hari pertama Idulfitri sebagai silaturahmi biasa.
Menteri Pertahanan Pabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo saat Idulfitri, Senin (2/5/2022)./Instagram @prabowo
Menteri Pertahanan Pabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo saat Idulfitri, Senin (2/5/2022)./Instagram @prabowo

Bisnis.com, JAKARTA – Lembaga survei Indikator Politik Indonesia mencatat, bahwa pertemuan antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari pertama Idulfitri sebagai silaturahmi biasa.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi menuturkan, melalui survei tersebut terungkap hanya 27 persen masyarakat yang mengetahui pertemuan keduanya, 73 persen tidak tahu.

“Dari responden yang tahu, 74,3 persen menyatakan setuju dengan sikap Prabowo bertemu dengan Jokowi pada hari pertama Idulfitri; 21,1 persen menyatakan biasa saja; dan 3,8 persen menyatakan tidak setuju,” katanya, dikutip melalui akun Twitter @indikatorcoid, Selasa (17/5/2022).

Lebih lanjut, sebagian besar masyarakat atau 71,1 persen menganggap pertemuan Pak Jokowi dan Pak Prabowo Subianto hanya silaturahmi biasa; 15,5 persen memiliki persepsi pertemuan tersebut memiliki agenda politik tertentu, sedangkan yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 13,4 persen.

"Jika kritis, kita bisa berpikir ada banyak calon presiden, ada banyak politisi yang ingin bertemu dengan Pak Jokowi, tetapi setahu saya yang kelihatan di publik hanya Pak Prabowo Subianto dan Ma'ruf Amin," ujarnya.

Menurutnya, berdasarkan persepsi publik, restu Jokowi terhadap penggantinya di Pilpres 2024 belum terlalu terlihat dalam silaturahmi Idulfitri 2022.

"Ketika publik memandang pertemuan Jokowi dan Prabowo hanya silaturahmi biasa, sehingga impact elektroralnya tidak terlalu signifikan," kata Burhanuddin.

Sekadar informasi, Prabowo Subianto bersilaturahmi dengan Jokowi, beserta keluarga di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin (2/5/2022). Dalam kesempatan itu, Prabowo didampingi putranya, Didit Hediprasetyo.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi dan Prabowo berbincang-bincang beragam hal yang ringan, disebutkan oleh keduanya bahwa tidak ada obrolan tentang politik maupun ekonomi.

Tak hanya berbincang, pada momen tersebut Jokowi juga mengajak Prabowo menyantap hidangan khas Lebaran, salah satunya adalah opor. Prabowo mengaku turut menyantap menu lain yaitu bakso dan tempe bacem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper