Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bentuk Koalisi dengan Golkar dan PPP, PAN: Sebagai Syarat di Pilpres 2024

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan bahwa saat ini partai yang lolos ambang batas parlemen saling mendekatkan diri dan melakukan lobi-lobi politik.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 15 Mei 2022  |  14:27 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin/ANTARA FOTO - Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin/ANTARA FOTO - Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA – PAN, Golkar, dan PPP membentuk koalisi jelang pemilihan presiden 2024. Dipastikan masih menjadi bagian pemerintahan Jokowi-Ma'ruf dan tidak ada agenda terselubung.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan bahwa saat ini partai yang lolos ambang batas parlemen saling mendekatkan diri dan melakukan lobi-lobi politik.

“Gunanya untuk penjajagan berkoalisi atau menggabungkan partai politik sebagai syarat di pemilu presiden 2024,” katanya melalui pesan instan kepada wartawan, Minggu (15/5/2022).

Viva menjelaskan bahwa dalam proses politiknya, akan mengerucut bagaimana komposisi koalisi atau format gabungan partai pengusung pasangan calon capres-cawapres.

Gabungan partai dengan nama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) itu, tambah Viva, terbentuk dari adanya persamaan cita-cita untuk menunaikan janji kemerdekaan. Ini sebagaimana termaktub di pembukaan UUD 1945 melalui jalan demokrasi konstitusional.

Cita-cita itu diturunkan ke dalam platform yang memperjuangkan politik gagasan, ide, dan pemikiran sebagai landasan prinsip melalui proses-proses politik yang mencerdaskan, menggembirakan, mensejahterakan, memakmurkan, dan berkeadilan.

“KIB ini adalah bagian dari Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Oleh karena itu dalam rencana kerja selanjutnya dipastikan akan bertanggungjawab untuk dapat meningkatkan kinerja pemerintahan,” jelasnya.

Viva menuturkan bahwa kesetiaan KIB kepada pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin tidak usah diragukan.

“Tidak ada agenda politik tersembunyi atau terselubung. Semua serba transparan alias terang-benderang,” ucapnya.

Apabila ketua umum Golkar dan PPP menjadi menteri di era Jokowi-Ma’ruf. Lalu ditegaskan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bahwa partainya berkomitmen menjadi bagian koalisi pemerintah sampai setelah pemilu 2024.

“Koalisi KIB adalah koalisi lahir batin karena banyak mempertemukan cita-cita dan gagasan politik untuk membangun peradaban Indonesia ke depan,” terang Viva.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

partai amanat nasional ppp partai golkar
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top