Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Megawati Punya 2 Gelar Profesor, Ini Deretan Penghargaan Ketum PDIP

Megawati Soekarnoputri pada hari ini, Selasa (10/5/2022) akan dianugerahi gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA).
Presiden RI Kelima yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri hadir dan menyaksikan langsung prosesi pelantikan Presiden Korea Selatan (Korsel) yang baru, Yoon Suk Yeol, pada Selasa (10/5/2022) waktu setempat./Istimewa
Presiden RI Kelima yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri hadir dan menyaksikan langsung prosesi pelantikan Presiden Korea Selatan (Korsel) yang baru, Yoon Suk Yeol, pada Selasa (10/5/2022) waktu setempat./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden RI Kelima yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri pada hari ini, Selasa (10/5/2022) akan dianugerahi gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA).

Gelar profesor kehormatan dari SIA ini akan menjadi yang kedua untuk Megawati. Sebelumnya, pada Juni 2021, Megawati juga menerima gelar profesor kehormatan dari Universitas Pertahanan (Unhan) RI di Bidang Kepemimpinan Strategik.

Sekadar informasi, pemberian gelar kehormatan tersebut juga bukan hanya sekali diterima oleh Megawati, sebab dirinya sempat beberapa kali menerima gelar kehormatan akademis dan nonakademik dari berbagai perguruan tinggi di dalam negeri maupun luar negeri.

Pertama, pada 2001, Megawati pernah menerima gelar doktor honoris causa dalam bidang politik dari Waseda University, Jepang setelah dirinya dilantik menjadi Presiden Indonesia ke-5 pada 23 Juli 2001.

Bahkan, masih dari Negeri Sakura Soka Japan University Tokyo pun turut memberikan gelar yang sama dalam bidang kemanusiaan kepada Megawati pada 2020.

Selanjutnya, Megawati juga menerima banyak penghargaan dan gelar kehormatan dari berbagai instansi di Indonesia, mulai dari Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Padang, serta Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang memberikan gelar doktor honoris causa kepadanya atas kontribusinya di bidang politik dan pemerintahan.

Kemudian, Fujian Normal University (FNU), Fuzhou, Tiongkok pun pernah memberikan gelar doktor honoris causa kepada Megawati pada 2018 karena konsistensinya dalam menjalin hubungan baik antara Indonesia dengan pihak Fujian Normal University.

Lebih lanjut, sebelum menerima gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of The Arts, Megawati juga pernah menerima dua gelar doktor honoris dari perguruan tinggi Negeri Ginseng.

Keduanya adalah Mokpo National University pada 2017 dan Korea Maritime and Ocean University Busan pada 2015 di bidang demokrasi ekonomi dan politik.

Kancah perjuangan serta kontribusi Megawati untuk negara ini juga menjadi latar belakang ia mendapat gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of The Arts.

Alhasil, hingga saat ini untuk gelar doktor kehormatan, Megawati sudah menerima sembilan gelar, berikut daftarnya:

  1. Waseda University of Tokyo, Tokyo, Jepang, 29 September 2001 (Bidang Politik).
  2. Moscow State Institute of International Relations (MGIMO), Moskow, Rusia, 22 April 2003 (Bidang Politik).
  3. Korea Maritime and Ocean University, Busan, Korea Selatan, 19 Oktober 2015 (Bidang Politik)
  4. Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung, Indonesia, 25 Oktober 2016 (Bidang Politik dan Pemerintahan).
  5. Universitas Negeri Padang (UNP), Kota Padang, Indonesia, 27 September 2017 (Bidang Pendidikan Politik).
  6. Mokpo National University, Kota Mokpo, Korea Selatan, 16 November 2017 (Bidang Demokrasi Ekonomi).
  7. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Bandung, Indonesia, 8 Maret 2018 (Bidang Politik dan Pemerintahan).
  8. Fujian Normal University (FNU), Fuzhou, Fujian, Tiongkok, 5 November 2018 (Bidang Diplomasi Ekonomi).
  9. Soka University Japan, Tokyo, Jepang, 8 Januari 2020 (Bidang Kemanusiaan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper